Rusia Upgrade Sukhoi Su-25SM3

Ujicoba dua dari pesawat serang kursi tunggal Sukhoi Su-25SM3 akan dimulai sebelum akhir tahun, ujar sumber industri pertahanan Rusia. Dua dari pesawat Su-25SM3 pertama harus ditugaskan pada bulan Desember. Kedua pesawat akan dikirim untuk uji coba. Salah satu dari pesawat akan dikirimkan ke combat operation and pilot retraining center di Lipetsk untuk evaluasi kinerja, “kata sumber itu.

Su-25SM3 dan Su-25UBM2 (two-seat operational trainer version) akan berbeda dari pendahulunya di bagian avionik dan perangkat senjata udara, menurut situs pengadaan pertahanan Rusia.

Pesawat serang yang di-upgrade ini akan dilengkapi dengan penglihatan PrNK-25SM-1 dan sistem navigasi dan digital komputer BTsU-25S onboard, sistem komputasi digital, layar warna multifungsi MFTsI-0332M, dan optical-laser remote-thermal-imaging system SOLT-25, IHS Jane melaporkan.

Selain itu, Su-25SM3 dan Su-25UBM2 akan menerima sistem komunikasi dengan fitur electronic countermeasure yang melindungi jet tempur dari pesawat musuh dengan menyediakan countermeasures terhadap radar yang berbeda dan terhadap rudal udara-ke-udara musuh, ujar IHS Jane.

Pesawat upgrade ini akan dilengkapi dengan sistem kontrol persenjataan Suo-39m dan video system for objective monitoring of training and combat actions, T-SOK-UBD-130-03 onboard.

Su-25SM3 dan Su-25UBM2 akan mampu menggunakan rudal dipandu laser, video-guided missiles, serta satellite-aided and video-aided guided aerial bombs. Setiap pesawat akan dapat membawa dua rudal udara-ke-udara jarak pendek R-73 untuk pertahanan diri.

Pesawat ini juga dapat membawa berbagai macam bom terarah dan roket, dan akan dipersenjatai dengan meriam 30mm 9A623 menggabungkannya dengan fix mount gun VPU-17A.

Aputniknews.com/