Kunjungan John Kerry ke Rusia, Jadi Bahan Olok-olok

Menlu AS, John Kerry, bertemu Menlu Rusia, Sergey Lavrov, di Moskow. (REUTERS/Mandel Ngan/Pool)

Moskow – Strategi Pemerintahan Presiden Barack Obama yang sesumbar akan mengisolasi Rusia sebagai imbas dari krisis Ukraina menjadi olok-olokan politikus Moskow. Strategi Obama dianggap gagal dengan bukti, Menteri Luar Negeri AS, John Kerry justru mengunjungi Moskow hari Selasa (15/12/2015).

John Kerry mengunjungi Moskow setelah sekitar tujuh bulan lalu bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, di Sochi.

”Kerry telah datang. Obama diam-diam mengubur mayat kebijakan isolasi di kebun Gedung Putih sehingga tidak ada yang akan melihatnya. Tak seorang pun bahkan berpikir tentang strategi ini lagi,” ujar anggota parlemen Rusia, Alexei Pushkov.

Perubahan kebijakan politik Washington itu sekaligus membuktikanAS membutuhkan Rusia dalam mengatasi tantangan global, termasuk soal terorisme internasional.

Meski AS dan Rusia masih bersebarangan dalam operasi militer di Suriah, tapi banyak politisi AS dan pakar politik mengakui serangan kontraterorisme Rusia di negara yang dilanda perang tersebut efektif.

”Kita tidak bisa berharap jauh bahwa Putin telah menciptakan fakta (di Suriah), bahwa seluruh dunia sekarang harus memperhitungkan (Rusia). Termasuk John Kerry,” tulis Politico mengutip pernyataan Andrew Weiss, seorang ahli di Carnegie Endowment for International Peace.

Sindonews.com