Spanyol Pertahankan Rudal Patriot di Turki

Rudal Patriot

Pemerintah Spanyol telah resmi memperbaharui misi militer mereka di luar negeri untuk tahun 2016, termasuk penempatan dua baterai sistem rudal permukaan ke udara, Patriot, untuk membantu menjaga perbatasan selatan Sekutu NATO Turki dengan Suriah.

Pembaharuan ini sempat diragukan oleh Kementerian Pertahanan Spanyol yang meengaku terkejut dengan pengumuman Amerika Serikat dan Jerman, yang pada awal tahun ini akan menarik baterai mereka dari Turki.

Kementerian Pertahanan Spanyol mengatakan akan membahas situasi sendiri dengan sekutu NATO lainnya, namun, kabinet Spanyol menyetujui perpanjangan penempatan Baterai Patriot di Turki selama setahun, pada rapat yang dilakukan 20 Desember 2015.

Misi lain yang disetujui termasuk komitmen penyegaran empat jet C.16 Eurofighter Typhoon dan personil dukungan untuk misi Baltic Air Policing Mission, NATO, dari Januari-Mei 2016.

Kabinet memberi otorisasi mencakup 12 misi internasional yang mencakup lebih dari 2.000 personel akan digerakkan, mulai dari lima orang di Bosnia, hingga 400 personil untuk Operasi anti-pembajakan dari angkatan laut di lepas pantai Somalia. Penyebaran terbesar adalah untuk Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) di mana perpanjangan selama setahun menyebabkan jumlah pasukan Spanyol akan naik dari 650 menjadi 750 personil, jika Spanyol mengambil alih peran Komando di sana.

Janes.com