Rudal Penjelajah Rusia “Tersesat” dan Menghantam Apartemen

Destroyer Smetlivy

Rudal jelajah Rusia “tersesat dalam uji coba” dan mendarat di satu desa di Rusia timur laut. Peristiwa ini tidak sampai menimbulkan korban. Demikian kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, rudal penjelajah tidak menimbulkan kerusakan ketika jatuh di dekat desa Nyonoksa.

Nyonoksa berada di dekat Laut Putih, 40 km dari pangkalan Laut Severodvinsk. Lapangan uji coba peluncuran milik Kementerian Pertahanan terletak di dekat desa itu.

Meskipun pihak berwenang mengklaim tidak terjadi kerusakan, media setempat merilis foto-foto kerusakan yang terjadi di apartemen.

Di gedung bertingkat tiga itu, juga terjadi kebakaran, tetapi para penghuni bisa dievakuasi. Empat apartemen dan atap gedung mengalami kerusakan.

Tim penyelidik militer telah diterjunkan ke lokasi untuk mengetahui yang sebenarnya terjadi setelah rudal penjelajah tersesat dan mendarat di desa pada Selasa (15/12/2015).

Selama ini, Rusia menembakkan rudal penjelajah dari Laut Kaspia ke sasaran-sasaran di Suriah. Rusia membantu Pemerintah Suriah untuk memerangi pemberontak di negara itu.

Ketika kapal perang Rusia kali pertama melancarkan serangan dari Laut Kaspia bulan Oktober lalu, empat rudal, menurut para pejabat Amerika Serikat, melenceng dari sasaran di Suriah dan mendarat di Iran.

Tidak ada konfirmasi independen atas peristiwa tersebut.

Kompas.com