Australia Terbangkan Pesawat ke Laut Cina Selatan

AP-3C Orion, Australia

Militer Australia melakukan penerbangan ‘kebebasan bernavigasi’ di atas kepulauan sengketa di Laut Cina Selatan, ungkap BBC.

Dalam sebuah penerbangan sipil baru-baru ini, tim BBC mendengar pembicaraan radio komunikasi yang menunjukkan militer Australia melakukan penerbangan di daerah Laut Cina Selatan. Kementerian Pertahanan Australia telah memastikan penerbangan tersebut kepada BBC.

Saat penerbangan itu, pesawat Australia diperingatkan oleh Angkatan Laut Cina karena mendekati pulau yang dibuat Cina di Laut Cina Selatan.

“Stay away…Stay away from islands !”, ujar Angkatan Laut Cina dalam alat komunikasi.

Dijawab oleh Australia:

“Angkatan Laut Cina, Angkatan Laut Cina… kami, pesawat Australia, melakukan kebebasan hak navigasi internasional, di wilayah udara internasional sesuai dengan konvensi penerbangan sipil internasional, dan konvensi hukum laut PBB -over,” kata sebuah pesan yang didengar wartawan BBC saat berada di dalam pesawat sipil Filipina.

Dari ketengangan itu, pesawat Australia meneruskan penerbangan seperti yang telah direncanakan. Sebelumnya, pada bulan November 2015, pembom B-52 Amerika Serikat juga terbang di atas wilayah itu, sehingga membuat marah Cina. AS menegaskan mereka berhak melakukan penerbangan tersebut.

Cina yang terlibat dalam sengketa wilayah di Laut Cina Selatan, menyatakan wilayah luas Laut Cina Selatan sebagai miliknya. Namun Vietnam dan Filipina mempertanyakan klaim tersebut.

BBC Indonesia.