AS Tawarkan Paket Kapal Perang ke Taiwan, China Marah

Destroyes USS Mahan, Arleigh Burke-class dengan rudal jelajah Tomahawk (photo:Mate 2nd Class Greg Roberts)

Washington DC, – Dua kapal perang ditawarkan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat kepada Taiwan dan menunggu persetujuan kongres. Penawaran kapal perang ini membuat China geram.

Dilansir AFP, Kamis (17/12/2015) kapal perang itu senilai US$ 1,8 miliar per satuannya. Harga ini sudah termasuk dua fregat Perry-class, rudal anti tank Javelin, rudal anti tank TOW 2B, kendaraan tempur amfibi AAV-7 dan peralatan militer jarak jauh lainnya.

Juru Bicara Kemlu AS David McKeeby menyebut penawaran itu sebagai ‘penjualan paket pertahanan militer’. Kongres AS memiliki waktu 30 hari untuk mempertimbangkan penjualan ini.

China menentang penjualan perlengkapan militer ini. “China mendesak AS untuk lebih serius mewujudkan sensitivitas dan menghentikan penjualan ini ke Taiwan,” ungkap jubir Menlu China Hong Lei.

Hubungan Taiwan dengan China memanas setelah Taiwan dipimpin oleh presiden yang saat ini, dari partai Kuomintang, Ma Ying-jeou. Taiwan memisahkan diri dari China setelah perang sipil berakhir pada tahun 1949.

Detik.com