Dec 182015
 

ACAH_Su-35-010

Pembelian 24 pesawat tempur Sukhoi Su-35 oleh China menjadi perhatian New Delhi. Walau India dan China adalah sesama anggota persekutuan multinasional BRICS (Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan), namun bukan berarti tidak ada persaingan kekuatan militer di antara keduanya.

India dan China pernah berperang dalam skala kecil di perbatasan kedua negaranya pada tahun 1962. Peningkatan kemampuan udara China yang signifikan tentu juga harus diantisipasi India.

India saat ini sangat mengandalkan Su-30 MKI sebagai pesawat tempur garis depannya, dan India menyadari Su-35 lebih baik dari Su-30MKI.

Ada beberapa opsi bagi India untuk dapat mengimbangi kemampuan Su-35 China.

Pertama, India bisa saja membeli Su-35 dari Rusia, tapi India sudah terlanjur memilih Rafale yang saat ini masih bermasalah dengan Perancis terkait syarat transfer teknologinya, dan kemampuan tempur Rafale pun diprediksi hanya seimbang dengan Su-30MKI miliknya.

Kedua, India bisa mengerahkan pesawat siluman T-50 PAKFA hasil kerjasamanya dengan Rusia. Namun, PAKFA masih berbentuk prototype dan pesawat uji dan masih butuh waktu lama bagi India untuk mendapatkan T-50 PAKFA.

Ketiga, India bisa mengupgrade SU-30 MKI, mungkin inilah cara tercepat walau tidak murah untuk menyeimbangkan kemampuan Su-30MKI menjadi seimbang dengan Su-35 China.

Su-30MKI memiliki spesifikasi hampir sama dengan Su-35, keduanya dilengkapi dengan 12 cantelan rudal dan roket, daya angkut persenjataan hingga 8 ton, daya gravitasi hingga 9G, mesin dengan daya vectoring dan jammers eksternal.

Namun Su-35 membawa kapasitas bahan bakar internal hingga 11.500 kg dan Su-30 MKI hanya 9.640 kg. Dengan bahan bakar sebesar itu Su-35 memiliki jangkauan operasi hingga 3.600 km sedangkan Su-30 MKI hanya 3.000 km.

Su-30 MKI dilengkapi canard karena menggotong radar Irbis (passive electronically scanned array-PESA) yang berat, sedangkan Su-35 tidak memerlukan canard karena dilengkapi radar canggih yang ringan.

Su-35 memiliki kecepatan maksimal hingga 2,25 Mach, sedangkan Su-30MKI berkecepatan maksimal 1,9 Mach. Ini adalah salah satu perbedaan yang sangat menentukan dalam pertempuran dogfight di udara.

Untuk membuatnya mampu mengimbangi Su-35, India akan mengupgrade radar PESA dengan radar AESA, mesin baru, sistem komunikasi dan trasmisi data baru, sistem persenjataan dan composit airframe.

India konon ingin menjadikan Su-30MKI nya menjadi standar pesawat tempur Su-36 “Super Sukhoi”.

https://www.facebook.com/muhidin.jepara
https://twitter.com/muhidinjkgr

  63 Responses to “Mengimbangi Su-35, India Ingin Su-30MKI Menjadi Su-36 “Super Sukhoi””

    • akhirnya bisa unoooooo….akakakaka

      btw,…su 30 mki sampek kapan pun tidak bisa jadi su 35, karena su 35 butuh waktu satu dekade utk penyempurnaaannya…

      jika india mau su 35, kenapa tidak beli SU 35 waktu tender tempo lalu? oh ya MIG 35 ya, pan russia menawarkan ulang SU 35, kenapa di tolak? ……

      hmmmm…walaupun upgrade SU 30mki bisa mendekati SU 35, tapi SU 35 sejatinya bkn multirole tapi Air Dominan fighter, makanya kenapa SU 27 dan SU 35 single seat…hahahaha pikir dah tu…

      • Kagak moncer ini barang….!!!
        Su-35 akan di ketepel F-35 dan F-22 Raptor hingga nyungsep.
        Indonesia jangan beli Su-35, masak Su-35 id vs Su-35 J……?
        Jangan ketipu Russia ama China.
        Hidup menora…..!
        Muehehehehehehe……

        • komen lo cuma gitu doang…datar

        • @sal jemplak

          Cie-cie ketahuan yang pengagumnya yonhap

          Xixixixixixi

        • ia benar bang yonhap..
          dari harganya juga sudah ketahuan….f 35 dan f 22 bukan tandingan su 35 dan masih di bawah rafale

          su 35 dibeli china 24 unit seharga 2 milyard $

          DIBANDINGKAN

          Dassault Rafale dibeli.mesir 24 unit…………….6 milyard $
          Dassault Rafale dibeli Qatar 24 unit…………….7 milyard $ + pelatihan
          beda harganya jauh sekali…..su 35 vs rafale…..
          kalau melihat dari harga..?
          sepertinya rafale jauh lebih canggih dan lebih tangguh dari pada su 35

          kasihan yonhap ngak ada yg belain….

          xixixi

      • Istilah Su-36 ini dari India atau dari Russia? Kalo dari India sih.. saya cuma bisa ketawa aja deh hehehe.. Maklumlah, India itu biasanya gede omongan doank. Tapi kalo dari Russia, wow… kayak apa tuh Su-36 ntar

      • Bung2 itu si Yonhap baiknya tidak perlu diladeni. Klo di ladeni semakin menjadi2 dia….

      • idenya boleh juga nih “India akan mengupgrade radar PESA dengan radar AESA”

    • Ngomong opo ptret-kupret?

      Sok tau ente, mbedain multi tole/air superiority dilihat dari jumlah kursinya

      Pengen terlihat jaguh, yang ada bikin gaduh doang!!!!

    • salah denger apa emng gatau ane… prasaan gaada SU-36 .. ada juga su 37 super flanker.. gada su 36, dn sy ga perna dengar juga..

    • upgrade apapun …tetap saja SU 30 MKI

  1. pertamak

  2. komenku ilang

  3. Banyak duittt…….satu

  4. hmm. kq bisa su 30 mki pk irbis. udh jelas2 yg pk irbis pesa su -35.

  5. ayo indnesia beli jammer..

  6. selamat pagi warjager….
    ayo saudaraku serumpun yang jaguh ganti juga mesinnya..!
    noh dirumah ada mesin jetpam pake aja ,kan sama sama jet…
    kurang ape coba? ma sodara maah..

  7. why..?komeng ngilang..ah gpp tar ge muncul…aaah mending gua ngerebus daun kopi di kasih gula aah.. ..

  8. wow

  9. India joss

  10. Trd

  11. Tes

  12. usaha yg bagus,,,salut dah buat india,,,tp anggarannya pasti besar tuh

  13. Cek cek tes tes wah SU30MKI akan dijadiian super flanker ya, bisa gak?? Jawabannya Bisa baik SU 30 maupun SU 27 bisa dibuat SU 35/SU 37 hanya minor modif dibagian airframenya, sedangkan pemasangan Radar PESA ke AESA serta mesin yg bisa lenggak lenggok tidak ada masalah, begitu pula dengan Sukhoi Indonesia. Hehhehehe

    • Harus di Ingat bung SU 30 MKI atau SU MKM itu adalah SU standar yang sudah di modiv ,cuma yang tersisa untuk bisa di tingkatkan lagi adalah radarnya. Dan ini pesawat yang harus mempertimbangkan centre of grafity .Dari awal sudah di tambahkan canard untuk menambah daya angkat di bagian depan karena menggendong radar yang lebih berat sekarang mau di ganti dengan radar canggih tapi lebih ringan .
      Hal ini akan menyebabkan titik berat akan berubah ,pesawat bisa jadi mendonggak keatas …karena jadi lebih ringan di bagian depan…Yang terjadi nantinya bukan makin bagus tapi kelincahannya akan berkurang padahal ,kelincahan adalah faktor keunggulan keluarga Sukhoi.

      • Ala busyeeeet…gue orangnya pelupa bung@kamerat

      • Saya rasa tidak juga karena sudah diperhitungkan secara matang oleh pihak India, mereka berani mencuatkan berita tentang ini pastilah sudah ada pertimbangan, meskipun MKI dan MKM ada canardnya pasti bisa di upgrade tentunya dengan modif lagi entah itu menghilangkan cannar. menambah dan mengurangi bagian pesawat yg lainnya saya tak tahu pasti

      • Ada lagi yakni varian SU 35 UB , bercannard

    • Oalah mas mas, sing sabar yo mas….
      Ora segampang sing sampean pikir.ke, iki ngono bedo karo bengkel pinggir dalan mas….
      Salah peritungan setitik wae nyowo pilot taruhan.e…
      Sing sabar yo mas, lek durung wayah.e lan ora ono wujud.e gak perlu diomong.ke lahh mas…lek mung ngomong koyo ngono kabeh uwong yo iso….
      Sing sabar yo mas,
      peace bro…

  14. Pertamax

    • Pagi juga ,
      Inyong Istirahat dulu ,

      Mohon Maaff ea Ibu Zelda ..
      Inyong mau mimpi basah duyu , biasa propesi rity rity !

  15. Semua Koment di atas…..yang paling benar adalah koment nya YONHAP…….!!!!

    Betul ga para warjager….????

    tapi ya itu tadi….benar bagi Yonhap sendiri…..

    Secara teori saja saya ga yakin F22 mau di adu dengan sukhoi 35….!!!!
    kalau sukhoi 35 saya yakin berani di adu sama F22.

    Kalau dengan F35 saya yakin f35 akan menang kalau lawan super tukino.
    kalau f35 lawan su 35……coba tanya yonhap menang mana…dia kan AHLI ANALISYS.

  16. Kapan SU 30 MKM di UpGrade juga untuk imbangi SU 35 negeri seberang.

  17. sementara su 35 indonesia blm dibikin..msh cuma berminat atau msh dikaji seribu kali..negosiasi sampe botak..2030 br nympe barangnya 2 unit..smntra negara tetangga sdh pnya 1000 f 22..1000 f35..dll..

  18. Kl bahas SU35 pasti rame yg komen.. 🙂
    SU35 emag idola, real fighter..hehehe

  19. keunikan su 35 itu juga adalah adanya radar yg menghadap kebelakang…jadi musuh jangan suka nguntit dari belakang juga….karena rudal su35 bisa meluncur berbelok arah ke belakang….dimana fitur ini banyak yg belum ada di pesawat lain….doktrin perang dog fight jadi bisa berubah,karena gak bisa kejar2an lagi…karena su35 bisa deteksi pesawat musuh dibelakangnya dan luncurkan rudal kearah belakang

  20. klo india ber-angan-angan pengen buat su-36, ya bolehlah negara kita hrslah jg pny impian join dgn om ruskie buat su-2000 buat nyaingin nama ef-2000 biar keren aj tp tuk su-2000 hrs lbh top markotop dr su-35, negara kita hrs pny impian gt la cm pjabat2nya pny impian pengen maju ato cm bs minta saham ato cm plesiran n indehoy dgn NM artis bahenol

  21. su 35 china sepertinya untuk ditempatin dilcs dan dekat taiwan,tidak melawan supremasi india secara air power(kekuatan udara)

    mau dipertanyakan indonesia kapan datanganya su35 untuk tni au,bukan semakin cepat semakin bagus,sedangkan f16 elbot ugrade dibeli belum datang semuanya sampai sekarang(apakah polemik freeport menjadi kendala?)

    salam damai selalu sekalian ikut absen:)

  22. ini sumbernya dmana ya, setahu saya MKI emang ada upgrade radar ke Zhuk, pemasangan Novator dan Brahmos,, tapi gak sampe ada Su 36 segala, lagian MKI sama Su 35 itu bisa dibilang hampir sama, sama” memakai teknologi Su 37 masak masih mau dibikin setara Su 35 apa gak buang” duit namanya?

  23. test..
    satu juta
    dua juta
    tiga jus
    …..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)