Dec 172015
 
Foto by indomiliter.com

Foto by indomiliter.com

Julukan sebagai ‘Macan Asia’ memberi segudang arti bagi bangsa Indonesia. Tak hanya kuat disektor pangan, Indonesia juga ditakuti karena militernya. Barisan tentara terlatih serta perlengkapan militer yang mumpuni, membuat militer Indonesia berjaya di benua sendiri.

Sebut saja salah satu kapal perang kebanggan Indonesia KRI Irian. Kapal penjelajah kelas Sverdlov buatan Uni Soviet yang dibuat terbatas  milik TNI AL terbilang canggih dan mutakhir pada era 60-an.

Dilengkapi dengan persenjataan siap tempur seperti meriam, torpedo anti kapal selam, serta triple gun MK5-bis untuk mengantisipasi serangan dari udara.

Diawaki 1200 personel TNI AL, KRI Irian berhasil membuat negara negara asing takut untuk kontak langsung dalam pertempuran. Terbukti pada 5 Agustus 1962, saat kapal induk Kerajaan Belanda Hr.Ms. Karel Doorman saat memasuki perariran NKRI lebih memilih mundur agar tidak kontak langsung dengan KRI Irian.

KRI Irian menjadi simbol kekuatan militer laut Indonesia paza era-nya. Dan jelas seluruh dunia mengakui bahwa Indonesia pernah berjaya dan sangat ditakuti kala KRI Irian masih kokoh berlayar menjaga perairan NKRI.

  45 Responses to “KRI Irian Milik Indonesia Ditakuti Seluruh Militer di Dunia”

  1. Misterius…..

  2. Pertamax

    • apa gak bosen ini kapal di tulis berulang2 dgn judul yg berbeda doang

      • Ambil positifnya aja bro. Meskipun presiden kt saat ini hopless, tdk punya kapasitas utk menjadikan bangsa ini bermartabat paling tidak siapa tau anak bung bs jd presiden. Bung bs ngomong “Nak, Kita pernah punya kapal hebat zaman bung Karno, milikilah lg agar warjager tdk terus terbuai dg Narayana”

  3. Terus kemana KRI Irian sekarang ?

  4. Pertamaxxxxx……

  5. Dipotong potong di dermaga Ujung, dijual kiloan ke H.Sukri termasuk laras meriam segede itu dipotong beberapa bagian sebelum diangkut ke darat. Selamat sore n SALAM RESPECT buat teman2 di forum ini

  6. Seandainya kapal ini masih ada apakah namanya diganti KRI Papua??
    Cmn seandainya lhoo

    Tapi gk tau jg yg sbnrnya gmn.. masih ada atau emang udah gk ada..

  7. ini cerita muncul lagi…..hmmm,jangan-jangan……????
    hehehehehehee…..apa ini sebuah signal bahwa kita akan memiliki kapal penjelajah lagi atauuuuuuuu……sdh ada dan melaut di perairan kita,hehehehehehehehehe

    • Sepertinya begitu bung..lha artikel kri irian diulang2 terus,apa ini sebuah clue tersamar bahwa akan ada new destroyer penerus kri irian? Mudah2an..( edisi ngarep berat)

  8. walah gagal PertamaX.

    pertanyaanku sekarang, KRI IRIAN jaman Soekarno jelas ada, nah dri jaman Soeharto sampe sekarang kemanain tuh KRI kebangaan?
    ada yg bisa jawab secara spesifik kah kah kah?

  9. Padahal cakepan IRIAN (Ikut Republik Indonesia Anti Netherlands) mantabs rasa Nasionalisme yg lebih bermakna

  10. Ada puisi nih :

    Janganlah kita bernostalgia melulu…

    Songsonglah apa yang akan terjadi di masa depan…

    Ketika kapal penjelajah kita tidak hanya satu

    Tetapi bisa lima ataupun enam…

    Tapi harus sabarlah menunggu

    Dua puluh tahun dari sekarang…

    Xixixi

  11. dulu beli kapal buat perang ma belanda. skrang malah bikin kapal perang sigma pkr kerjasama ma belanda aneh he….

  12. Andaikan tahun 1500 an kita sudah punya ini barang, pasti Belanda nggk berani menjajah kita.

  13. jgn melihat kebelakang mulu..ntr kesandung jatuh .liatlah kedepan..bangun kapal perang yg lebih besar dr kri irian..minimal 50000 ton..pt pal pasti bisa

  14. Hahaaaa.ini terus di artikel, bosan.memang benar yg takut cuma kapal sebiji belanda bukan dunia lagi pula yg awaki org rusia sama dengan ks wisky class dan menurut kabar indo dijadikan uji coba alutsista baru buatan rusia untuk bentrok dgn barat kala itu.

  15. tidak ada yg tau beritanya sejak kejatuhan presiden soekarno..

  16. Ilang tak berbekas…mirip nasibnya MH-370

  17. Lebih baik mengembangkan kapal perang dgn rudal jelajah daripada destroyer dgn meriam. Kaprang meriam saat ini sudah ditinggalkan negara barat karena adanya teknologi rudal jelajah.
    Jangkauan sangat jauh, sangat akurat, daya hancur maksimal, bisa diinstall di berbagai jenis kapal (ukuran sedang-besar, green-blue water ship).
    Bayangkan saja jika kapal perang yg seukuran kapal destroyer se-kelas IRIAN membawa rudal jelajah 64-96 rudal, dgn opsi dapat membawa ICBM dgn single/multiple warhead nuklir hingga 16-20 misil.
    Untuk pertahanan dan sensornya menyesuaikan. Paling tidak itulah gambaran kapal destroyer yg dibutuhkan negara maritim. Minimal 2-3 kapal dgn spesifikasi tersebut.

    • Sejarah berulang bung@abang sally, lihatlah uss zumwalt…adaptasi kapal tempur dg meriam besar pada platform kaprang masa kini

      Jika tiba waktunya, AL inggris dan jerman segera menyusul dg konsep serupa

  18. Bikin lg kalo mau pal kan bisa bikin,tunggi waktunya aja skln nunggu bisa bikin jeroanya dan gotongannya savar bung

  19. hebatnya kapal ini bisa nenggelamin armada kapal induk
    yang di jaga armada pengawalnya
    kenapa?
    Karena ukurannya besar sehingga perlu banyak air laut untuk menenggelamkannya, kena satu rudal saja masih bisa jalan kapal ini.
    Sistem senjatanya yang manual juga memberi keuntungan bila radarnya tidak bisa mendeteksi kapal siluman.
    Frigate generasi sekarang pun lari kalau ketemu yang beginian kalau bawa rudalnya cuma bisa nenggelamin kapal yang bobotnya cuma 2000-3000 ton.
    Kira2 butuh 3 sigma untuk nenggelamin ini kapal, nyerang depan tengah sama belakang, kalau cuma di ladeni 1 sigma saja ya bakalan modar sigmanya. Sekali tembak sigmanya tenggelam la kapal yang di atas di tembak rudal masih bisa jalan, malah bales nembak.

    salam gedang goreng

  20. ngarep banget bila TNI-AL sekarang, di lengkapi dgn kapal perang destroyer kelas berat, yang di takuti oleh negara2 lain, ……… jgn hanya mengenang KRI Irian saja, Sekarang juga harus ada generasi penerusnya dong. !!!

  21. Dikembalikan ke Uni Soviet dan di tukarkan dengan suku cadang pesawat MIG

 Leave a Reply