AS Jual Senjata Rp25,6 Triliun ke Taiwan, Pemerintah Tiongkok Meradang

Pemerintah Tiongkok marah besar atas aksi Amerika Serikat yang memutuskan untuk melakukan perdaganan senjata dengan Taiwan. Angkanya pun cukup fantastis, Taiwan bersiap USD 1,8 miliar atau setara dengan Rp25,6 triliun untuk paket senjata yang ditawarkan AS.

”Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah Tiongkok. Tiongkok sangat menentang penjualan senjata AS ke Taiwan,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Zheng Zeguang, seperti yang dikutip dari Xinhua.

Pemerintah Tiongkok pun bereaksi dengan memanggil kuasa usaha AS di Beijing, Kaye Lee, untuk melayangkan memprotes atas langkah AS tersebut. Beijing juga akan menjatuhkan sanksi pada perusahaan yang terlibat dalam penjualan senjata pada Taiwan.

Langkah AS tersebut dianggap dapat merugikan kedaulatan dan keamanan Tiongkok. Zheng menegaskan bahwa penjualan senjata ke Taiwan itu sebagai langkah melawan hukum internasional dan norma-norma dasar hubungan internasional.

”Untuk melindungi kepentingan nasional kami, Tiongkok telah memutuskan untuk mengambil tindakan yang diperlukan, termasuk pemberian sanksi terhadap perusahaan yang terlibat dalam penjualan senjata,” kata Zheng.