Des 182015
 

su morotai

Tentara Nasional Indonesia (TNI) meningkatkan status Pulau Morotai dari sisi pertahanan militer. Pulau Morotai yang merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia tersebut sangat strategis dari sisi pertahanan militer. “Pulau Morotai atau Moroda’i dalam dialek bahasa setempat, sangat strategis dari sisi pertahanan dan militer. Bahkan Jenderal Douglas MacArthur, Panglima Sekutu di Pasifik, menjadikan Pulau Morotai sebagai pijakan penting dalam Perang Pasifik menghadapi Jepang,” demikian dilansir Kantor Berita Antara, Jumat (20/11).

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan hal itu. TNI akan meningkatkan pertahanan militer baik pengkalan TNI Angkatan Udara (TNI AU) maupun TNI Angkatan Laut (TNI AL) di Pulau Morotai. Selain itu, pulau yang terletak di Kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku itu kini tengah digelar latihan gabungan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI.

Pulau Morotai merupakan salah satu pulau terbesar di Maluku Utara. Di pulau yang secara administratif kabupaten pecahan dari Kabupaten Halmahera Utara tersebut banyak terdapat tempat-tempat bersejarah peninggalan Perang Dunia (PD) II.

morotai

Pulau Morotai menjadi lapangan terbang bagi Jepang selama PD II. Pulau ini kemudian diambil alih Amerika Serikat (AS) pada September 1944 dan digunakan landasan serangan pasukan Sekutu ke Filipina dan Borneo timur pada Mei dan Juni tahun pada awal 1945. Pulau Morotai merupakan basis serangan ke Jawa pada Oktober 1945 yang ditunda setelah menyerahan Jepang pada bulan Agustus.

Latihan perang saat PPRC TNI Hancurkan Musuh di Pulau Morotai

Latihan perang saat PPRC TNI Hancurkan Musuh di Pulau Morotai

“Menurut penduduk setempat, Morotai berasal dari kata Morotia yang artinya tempat tinggal orang-orang moro. Orang moro adalah manusia misterius atau orang hilang (moksa) yang sulit dilihat dengan mata biasa, namun memiliki kebudayaan sebagai kelompok manusia biasa,” demikian dilansir situs web resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai.

  31 Responses to “Pertahanan Militer di Pulau Morotai Diperkuat”

  1.  

    Test

  2.  

    Jadikan pearl harbournya Indonesia

    •  

      Setuju ..sebagian fasilitas sudah ada … Tinggal diperbaiki dan ditingkatkan ….dioptimalkan penggunaan nya … Jangan Seperti jaman sebelum reformasi …. Dibiarkan terlantar … TNI AU/AL…terlantar dan dibuat lemah….akhirnya Sekarang jadi PR ..bagi semua …Kalau diperkuat dengan squadron sukhoi 27/30… Pasti keren…

  3.  

    Seharusnya disini di bangun pangkalan TNI untuk pengamanan pasifik..

  4.  

    apa disana sudah dipasangi radar??biar para penceroboh tak masuk sembarangan

  5.  

    Hehehehe…morotai adalah sebuah kabupaten baru di prov.Maluku Utara.bukan cuman bnyk peninggalan sejarah dst,morotai juga penghasil besi putih dan kwalitasnya lebih baik dari surabaya krn kandungannya yg masih murni.hehehe..satu lg yg paling hot n exotic di sana adalah keindahan panorama alam dgn pulau2 kecil dan pasir putihnya yg indah…mas bro semua,kalau cmn sekelas hawaii…lewat mas bro..hehehe

  6.  

    Wes hewes hewes

  7.  

    gambar k3 sebelah kanan, amphibi pendarat personil buatan mana ya??

  8.  

    test

  9.  

    bagusnya ditempatkan 2 batalion dari mading2 matra, ditambah 3 batalion cadangan, tapi sblm tempatkan personil, perhatikan, adakan dan lengkapi sarana dan prasarana, seperti mess terbuat dari betok bertingkat, lapangan dan shelter, hangar untuk mengamankan helikopter dan pesawat tempur,pesawat patroli, amunisi, pesawat angkut, mobil tempur dan mobil angkut, komunikasi,radar, alat peluncur rudal anti pesawat dan anti kapal serta peluncur torpedo, lengkapi dengan sarana komunikasi, tempat hiburan, tentara juga manusia perlu hiburan dr sisi psikologis dapat mengatasi halangan dr sisi psikologis.

  10.  

    ..selain pangkalan militer alangkah bagus juga bila dikembangkan layaknya pulau batam. kawasan tsb akan berkembang beberapa tahun yg akan datang. polemik di LCS sesungguhnya telah membuka kawasan pertumbuhan ekonomi baru.. pertumbuhan ekonomi transpacific. sangat cocok bila PT.PAL mau membuka cabang pembuatan armada samudra di pulau morotai. piss

  11.  

    Good Job, tetapi pertahanan 3 matra pulau yang paling selatan juga perlu lebih ditingkatkan, !!!

  12.  

    Tambah donk simulasi latihan…bahwa pulau sudah dikuasai musuh yang didalamnya sdh mereka pasang ; Yakhont, S 400, BUK, PANSIR, ada kapal Induk, Kilo klass, SU 35/ 24, Apache, Mi-35, F 22, T50 Fakfa , drone dll lah.

  13.  

    efek lcs smakin panas