Rusia akan Tembak Pesawat Turki Jika Masuk Suriah

F-16 Turki

Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan indikasi Rusia dapat menembak pesawat Turki jika memasuki wilayah udara Suriah. Putin mengatakan hal ini ketika berada di konferensi pers tahunan, Kamis 17 Desember 2015. Sekitar 1.000 jurnalis dari Rusia dan beberapa negara lain meliput konferensi pers ini.

Presiden Vladimir Putin menyampaikan bahwa Rusia telah menempatkan sistem pertahanan udara di Suriah. Putin mengatakanTurki kerap melanggar wilayah udara Suriah, dengan adanya sistem pertahanan udara ini, Putin menantang Turki untuk masuk wilayah udara Suriah, sebagaimana dilansir dari NHK, Jumat (18/12/2015).

Pada konferensi pers itu, Putin juga mendukung rencana Amerika Serikat (AS) untuk membuat rancangan sebuah resolusi krisis Suriah di Dewan Keamanan PBB, Ia juga menambahkan bahwa secara prinsip, Rusia dan AS memiliki visi yang sama.

Semenjak ditembak jatuh pesawat bomber Rusia oleh Turki, Putin mengatakan Rusia sangat sulit untuk mencapai suatu kesepakatan dengan pimpinan Turki saat ini.

Okezone.com