5 M Faktor Penyebab Jatuhnya T-50 i Golden Eagle

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Dwi Badarmanto.

Untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat TNI AU jenis T-50i Golden Eagle, TNI Angkatan Udara telah mengirimkan tim investigasi ke Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta.

Hal itu menyusul jatuhnya pesawat tempur tersebut saat melakukan aerobatik pada gelaran Gebyar Nusantara 2015, Minggu (20/12/2015) pagi.

“Tim investigasi sudah dikirim ke Yogya, yang diketuai Wakasau TNI AU,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Dwi Badarmanto di Base Ops Lanud Halim, Minggu siang.

Menurut informasi sementara, pesawat tempur buatan Korean Aero Industri (KAI) itu mengalami kecelakaan sekitar pukul 09.53 WIB setelah melakukan atraksi terbang rendah (low pass).

Meski begitu, Dwi belum dapat memastikan apa penyebab utama atas jatuhnya pesawat tersebut.

“Tentunya dalam peristiwa kecelakaan pesawat itu diakibatkan lima M, manusia, mesin, media, misi dan manajemen. Dan tim investigasi ini akan mengkaji semua bagaimana kondisi pesawat, kondisi pilot sebelum terbang, ini akan dikaji semua,” kata Dwi.

Ia menambahkan, belum dapat dipastikan berapa lama proses investigasi yang dilakukan oleh tim tersebut akan rampung. Hanya saja, untuk saat ini proses evakuasi terhadap bangkai pesawat telah rampung.

“Jenazah kedua pilot kini disemayamkan di Rumah Sakit TNI AU Harjo Lukito,” kata dia.