Jerman Siapkan Jet Tempur Baru

Jet Tempur Tornado, Jerman

Jerman berencana mengembangkan jet tempur baru untuk menggantikan jet Tornado dalam jangka panjang dan segera mengadakan pembicaraan awal dengan mitra Eropa pada tahun 2016, tentang fitur apa yang mereka inginkan dalam pesawat, menurut dokumen yang dilihat Reuters, Minggu, 20/12/2015.

Sebuah rancangan dokumen dari Departemen Pertahanan tentang ‘strategi penerbangan militer’ masih belum jelas mengungkapkan, apakah jet baru itu akan diawaki atau tak berawak. Kemungkinan jet tersebut akan dirancang untuk kedua pilihan dan kemudian diterbangkan dengan atau tanpa pilot tergantung pada jenis penempatan dan penyebarannya.

Tornado Jerman

Karena akan menjadi proyek Eropa, kemungkinan satu atau lebih perusahaan Eropa akan dipilih untuk mengembangkan jet ini. Jet tempur Tornado yang Jerman telah menggunakan sejak tahun 1981 – meskipun kini memiliki jet Eurofighter versi baru – juga dibuat dalam sebuah konsorsium internasional yang disebut Panavia.

Pada saat yang sama, angkatan bersenjata Jerman akan meneliti apakah ada kemungkinan untuk memperpanjang penggunaan alutsista jet tempur Tornado hingga ke pertengahan tahun 2030. Jet Tornado sedianya akan dihapus pada pertengahan tahun 2020.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jerman mengatakan dokumen itu belum setuju dengan kementerian lain sehingga dia belum bisa mengomentarinya.