Melancong ke Kapal Penjelajah Moskva Rusia

Kapal Penjelajah Moskva, Rusia

Militer Rusia mengajak wartawan asing untuk masuk dan melihat kapal penjelajah Moskva (Missile Cruiser), yang kini bertugas memberikan perlindungan udara bagi pangkalan udara Hmeymim di Suriah, ujar RIA Novosti, 18/12/2015.

Mereka yang mengunjungi kapal perang ini koresponden dari Sky News, CNN, AFP, Xinhua dan beberapa jaringan berita utama lainnya, yang didampingi juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov.

Rudal M-4 (Osa-M) air defense system di Kapal Penjelajah Moskva

Pada kapal ini wartawan bahkan dapat memiliki makanan di ruang makan kapal, di mana mereka disajikan makanan tradisional, macaroni ‘fleet-style’. Banyak wartawan tampak riang dan emosi melihat kapal ini, termasuk koresponden Sky News, John Sparks.

“I’m impressed and shocked about the transparency of everything that is happening,” ujarnya.

Kapal penjelajah Moskva berbasis di Laut Mediterania sebagai bagian dari Armada Angkatan Laut Rusia di Mediterania, yang bergerak mendekat ke pantai Suriah pada 25 November 2015. Cruiser ini dilengkapi dengan sistem pertahanan udara Fort, yang versi daratnya adalah S-300.

Kapal ini membawa alutsista 64 rudal anti-udara, berbobot 11.500 ton, panjang 186 meter dan dipersenjatai rudal anti-kapal, mortir anti kapal selam dan torpedo.

Moskva cruiser dapat menjangkau (cover) semua bagian selatan Turki dari Latakia, Suriah, untuk memastikan bahwa pesawat Rusia akan aman di udara, pasca ditembak jatuhnya bomber Su-24 Rusia oleh F-16 Turki, 24 November 2015.

Sputniknews.com