Jet Tempur Rusia Kawal Presiden Suriah ke Iran

“Empat jet tempur strategis Rusia menemani pesawat yang membawa Presiden Suriah selama kunjungan datang dan pergi ke Iran,” ujar Harian Lebanon al-Diyar, 20/12/2015.

Surat kabar itu juga menambahkan bahwa Presiden Suriah akan melakukan perjalanan ke Teheran melalui wilayah udara Irak.

“Komandan udara Koalisi Internasional pimpinan AS telah memperingatkan setiap pesawat untuk tidak mendekati pesawat Bashar Assad untuk menghindari peperangan di udara,” katanya.

Sumber-sumber mengatakan pada hari Jumat bahwa Presiden Assad dijadwalkan mengunjungi Iran pada akhir Desember atau awal Januari 2016.

“Kunjungan Assad ke Teheran akan menjadi perjalanan kedua ke luar negeri dalam empat tahun terakhir setelah kunjungan bulan lalunya ke Moskow,” kata seorang sumber informasi.

Sumber tersebut mencatat bahwa kunjungan Presiden Assad akan berlangsung pada akhir Desember dan awal Januari, dan mengatakan bahwa rincian kunjungannya akan diumumkan kemudian.

Kunjungan Presiden Assad ke negara-negara sekutu terjadi setelah kemenangan terakhir dari tentara Suriah terhadap kelompok teroris Takfiri.

Pada tanggal 20 Oktober, Assad tiba di Moskow untuk kunjungan resmi ke negara itu.

Presiden Suriah dan Rusia melakukan negosiasi panjang, yang kemudian dilanjutkan dengan adanya kebijakan Rusia di Suriah.

Iran selalu mendukung pemerintah Suriah dan Negara yang sedang berjuang mereka melawan kelompok teroris.

Farsnews.com