Rusia Terbitkan Peringatan Perjalanan bagi Warganya ke Indonesia

Jakarta – Kementerian Luar Negeri Rusia memperingatkan warganya yang berkunjung ke Indonesia untuk waspada terhadap kemungkinan serangan terorisme.

“Terkait informasi terbaru tentang kemungkinan peningkatan ancaman teroris di Indonesia, Kementerian Luar Negeri merekomendasikan agar warga Rusia yang berencana bepergian ke Indonesia agar waspada dan menahan diri dari mengunjungi tempat-tempat ramai, dan sebaiknya tinggal di daerah wisata yang menyediakan petugas keamanan,” ujar pernyataan kementerian luar negeri Rusia lewat situs kementerian di web mid.ru/en.

Peringatan tersebut bertanggal 19 Desember 2015.

Pernyataan tersebut tidak merinci kemungkinan acaman teroris yang dimaksud.

Peringatan dari kementerian luar negeri Rusia ini keluar sehari sebelum pihak kepolisian Indonesia mengumumkan telah menggagalkan rencana serangan bunuh diri di Jakarta dan menangkap sejumlah orang yang terkait dengan ISIS

Penggerebekan selama tiga hari di beberapa tempat di Jawa yang berakhir hari Minggu (20/12/2015) lalu berbuah penyitaan bahan peledak dan bendera ISIS serta penangkapan sembilan orang tersangka.

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan, para ekstremis itu berencana akan menyasar pusat perbelanjaan, kantor polisi, dan kelompok minoritas. Setelah penangkapan tersebut, keamanan telah ditingkatkan.

Kompas.com