Misteri Tenggelamnya Kapal Selam Nuklir Amerika Serikat, USS Scorpion

Pada 22 Mei 1968 menjadi salah satu bencana terburuk bagi Angkatan Laut AS. Pada hari itu kapal selam nuklir USS Scorpion (SSN 589) tenggelam, menewaskan semua 99 awaknya. Sampai hari ini masih belum diketahui apa yang menyebabkan kehancuran kapal selam nuklir Skipjack class itu.

Pada tahun 1966, USS Scorpion pernah dikerahkan untuk misi operasi khusus. Sebuah prestasi yang luar biasa, Scorpion berhasil menyusup jauh ke wilayah Rusia dan mendokumentasikan peluncuran rudal Soviet melalui periskop sebelum kemudian melarikan diri dari kejaran kapal-kapal perang Angkatan Laut Soviet.

Teori tenggelamnya kapal selam USS Scorpion

Salah satu teori yang paling mengemuka adalah USS Scorpion tenggelam akibat torpedo yang di tembakan pesawat Soviet.

Teori lain mengungkapkan terjadi kerusakan teknis pada sistem pembuangan sampah yang diaktifkan di kedalaman laut dan menyebabkan kebocoran hingga mengakibatkan tenggelamnya kapal selam tersebut.

Tapi ada teori lain yang lebih ekstrem, menurut beberapa sejarawan, USS Scorpion mungkin telah terlibat dalam pertempuran mematikan dengan kapal selam Soviet dan tenggelam, namun agar perang dingin tidak menjadi perang terbuka yang bisa membunuh puluhan juta orang, Amerika Serikat dan Uni Soviet diduga sengaja merahasiakan akibat tenggelamnya kapal selam USS Scorpion.

Scorpion bukanlah satu-satunya kapal selam nuklir yang tenggelam secara tragis pada tahun 1968. Kapal selam Israel INS Dakar, kapal selam Perancis Minerve dan kapal selam Soviet K-129 juga tenggelam secara misterius. Tidak ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan kapal selam tersebut tenggelam, menyisakan misteri perang dingin yang belum terpecahkan sampai hari ini.

Dari berbagai sumber