Pesawat Nomad N-22B Dipensiunkan

Penerbangan terakhir pesawat N-22B Nomad RTAF dilakukan tanggal 18 Desember 2015, mengakhiri 33 tahun pengabdian pesawat yang banyak digunakan dalam berbagai misi seperti transportasi ringan, pengintaian, serangan ringan, misi hujan buatan serta pelatihan pilot.

N-22B Nomad Angkatan Udara Thailand (photos : TAF)

Pesawat ini diterbangkan dari Wing 46 di Phitsanulok ke Wing 6 di Bangkok/Don Muang (VTBD) dan akan dipajang di Museum RTAF. Pada tahun ini dua tipe pesawat RTAF dipensiunkan, yang satunya adalah Arava yang telah dinonaktifkan sebelumnya.

Sebelum digantikan pesawat lain di kemudian hari, jasa pesawat Nomad tetap dikenang karena telah menjalankan berbagai misi dari waktu ke waktu.

RTAF menempatkan pesawat N-22B Nomad di 3rd Air Division, Wing 46 pada skadron 461 (Vampire). Skadron ini mengoperasikan GAF Nomad N-22B dan Douglas/Basler C-47TP/BT-67 yang berpangkalan di Phitsanulok/Fort Naraysuan (VTPP). Tugas utama skadron ini adalah transportasi ringan dan misi hujan buatan.

Selain di Angkatan Udara (RTAF), Angkatan Laut Thailand (RTN) juga mengoperasikan Nomad namun dari jenis yang berbeda yaitu seri N-24A. Nomad ditempatkan di Royal Thai Navy Wing 2 pada Skadron 201 (Dolphin) bersama pesawat Fokker F27-400M, Canadair CL-215III dan Embaer ERJ135LR. Skadron ini berpangkalan di U Tapao (VTBU).

Defense-studies.blogspot.co.id/ TAF