Serangan Irak ke Ramadi Tewaskan 8 Komandan ISIS

Serangan F-16 Angkatan Udara Irak
Sebanyak 8 komandan pasukan negara Islam Irak dan Suriah, ISIS, tewas akibat serangan udara yang dilakukan oleh Angkatan Udara Irak.

Seperti dilaporkan Stasiun televisi nasional Irak mengutip laporan pihak militer memastikan kebenaran tersebut.

“Pesawat tempur F-16 membunuh puluhan militan, termasuk delapan komandan senior ISIS dalam serangan di wilayah Haija dan Anbar,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan pihak militer Irak seperti dilansir dari Reuters.

Dalam beberapa hari terakhir, pasukan Irak tberhasil mempersempit gerak kelompok ISIS setelah melakukan serangan ke Ramadi, ibukota Provinsi Anbar barat, salah satu kota yang dikuasai ISIS. Dengan bantuan serangan udara dari Amerika, sekarang militer Irak berhasil menguasai dua wilayah dan memasuki dua wilayah lain.

Pasukan Irak terus berupaya merebut kembali sejumlah kota dari tangan ISIS. Dalam upayanya merebut kota Ramadi, Irak bahkan sampai mengirimkan pasukan bantuan agar bisa secepatnya menguasai kota tersebut. Kabar terakhir menyatakan pasukan Irak telah berada di pusat kota tersebut.

Pada Selasa kemarin, serangan dilakukan untuk mengusir militan ISIS dari kota Ramadi, Wilayah ini jatuh ke tangan ISIS pada bulan Mei lalu tanpa perlawanan berarti dari pasukan Irak. Sedangkan Hawija adalah sebuah kota yang terletak 210 km sebelah utara Baghdad..