FA-50 Filipina Sudah dipersenjatai Rudal Sidewinder

FA-50PH dengan rudal AIM-9B (photo : Iam Hanz)

Pinoy Aviators, situs penerbangan Filipina baru-baru ini memuat rangkaian foto pesawat Angkatan Udara Filipina dalam rangka Hari Ulang Tahun AFP (Armed Forces of the Philippines) yang ke-80.

Beberapa gambar yang menarik adalah foto pesawat latih dan serang ringan FA-50PH yang telah dilengkapi dengan rudal udara ke udara Sidewinder.

FA-50PH dengan rudal AIM-9B (photo : Kingjohnjoshua Bauyon)

Sebagaimana diketahui, paket persenjataan pesawat Golden Eagle ini – termasuk rudal udara ke udara – anggarannya baru diajukan sehingga praktis Angkatan Udara Filipina (PAF) belum menerima rudal untuk pesawat tersebut.

Rupanya rudal Sidewinder yang digunakan adalah jenis AIM-9B yang merupakan inventori milik PAF yang masih terawat dengan baik.

Rudal Sidewinder seri AIM-9B dalam inventori PAF (photo : Roy Kabanlt)

Rudal AIM-9B ini merupakan senjata yang dulunya digunakan untuk melengkapi persenjataan pesawat tempur F-5 Angkatan Udara Filipina. Pesawat ini digrounded pada tahun 2002 namun secara resmi dipensiunkan pada 28 Oktober 2005.

PAF mengoperasikan pesawat FA-50PH ke dalam Fighter Group 5 pada Skuadron Udara ke-7 Tactical Fighter Squadron “Bulldog” yang berpangkalan di Pangkalan Udara Basa.

Defencestudies

Leave a Comment