Rusia Tanggapi Laporan Amenesty Internasional

Serangan Rusia di Suriah
Pemerintah Rusia menolak keras laporan yang dirilis oleh Amensty Internasional yang meneyebut serangan Rusia di Suriah telah menewaskan ratusan warga sipil.

Juru bicara Kementeriah Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov menyebut laporan yang dibuat oleh Amnesty adalah sebuah laporan palsu, klise, dan tidak memiliki dasar yang kuat.

“Kami sudah terbiasa dengan adanya laporan semacam ini, dan seperti biasa, tidak ada yang konkret dan tidak ada yang baru yang diterbitkan di dalamnya,” ucap Konashenkov seperti dilansir Al Jazeera pada Kamis (24/12).

Sementara itu, di kesempatan yang sama Konashenkov juga membantah klaim bahwa Rusia menggunakan bom curah di Suriah.

Amenesty Internasional dalam laporannya menyatakan serangan yang dilancarkan Rusia di Suriah telah menewaskan ratusan warga sipil. Mereka yang tewas tersebar di wilayah Homs, Idlib dan Aleppo.

Kelompok yang berbasis di London, Inggris itu menuturkan, serangan menyebabkan kerusakan besar di daerah pemukiman, pasar yang ramai, serta fasilitas medis. Dengan banyaknya korban tewas dari sisi warga sipil, menunjukan bahwa Rusia telah melakukan pelanggaran serius terhadap hukum kemanusiaan internasional, dan juga hukum perang.