Walau Produksi Tank T-72, Iran Kepincut Tank T-90 Rusia

Angkatan Darat Iran akan segera memperoleh kendaraan tempur baru yaitu Tank tempur T-90 buatan Rusia, ungkap Panglima Pasukan Darat Iran Brigadir Jenderal Ahmad Reza Pourdastan di Ibu Kota Iran, Teheran.

“Persiapan telah dilakukan bagi pembelian tank Rusia tersebut”, kata Pourdastan dikutip kantor berita Tasnim. Walau Iran sendiri memproduksi tank T-72 dengan kemampuan yang mumpuni, namun tank T-90 buatan Rusia memiliki teknologi yang jauh lebih canggih, sambung Panglima Iran tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Kozhin juga mengatakan Moskow akan mulai mengirim sistem pertahanan rudal modern S-300 ke Teheran paling lambat pada akhir tahun ini.

“Kontrak telah ditandatangani. Saya berharap beberapa bagian akan dipasok tahun ini; sebagian akan dipasok tahun depan,” kata Kozhin, sebagaimana diberitakan Xinhua.

Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani dekrit untuk mencabut larangan penjualan sistem rudal anti-pesawat S-300 pada April lalu. selain Iran dan enam negara besar dunia termasuk Rusia telah mencapai kesepakatan mengenai parameter program nuklir Iran, yang kontroversial.