Destroyer Bystry Rusia Berkunjung ke Indonesia

Destroyer “Bystry” milik Angkatan Laut Rusia dijadwalkan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, hari ini, Jumat (25/12). Demikian hal tersebut disampaikan Kedutaan Besar Rusia di Jakarta.

Berdasarkan informasi dari Kedubes Rusia, kapal perang tersebut akan berlabuh di Tanjung Priok hingga Selasa (29/12). Kapal perang dari Armada Pasifik Rusia ini tiba di Jakarta dengan tujuan mengembangkan kerja sama militer dengan Indonesia. Adapun informasi lebih rinci mengenai kapal perang ini dan hasil apa yang dicapai oleh pihak Rusia dan Indonesia akan disampaikan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin dalam sesi jumpa pers kepada awak media Senin (27/12) mendatang.

Kapal perang “Bystry” termasuk tipe kapal perusak (destroyer) Sovremenny class. Kapal ini merupakan kapal perusak garis depan milik Angkatan Laut Rusia. Selain berperan sebagai anti kapal perang, kapal perusak rudal ini juga mampu berperan sebagai pertahanan udara dan anti serangan kapal selam bagi kapal perang dan kapal angkut yang berada di bawah pengawalannya.

Selain “Bystry”, ada empat kapal perusak Sovremenny class lainnya yang dimiliki Rusia, yaitu Gremyashchiy (Armada Utara), Bespokoyny (Armada Baltik), Nastoychivy (Armada Baltik), dan Admiral Ushakov (Armada Utara).

RBTH