Simulator Jet Tempur China Ternyata Pakai Windows Usang

Dari foto yang beredar di internet, simulator pesawat tempur China, Shenyang J-11 diketahui menggunakan sistem operasi WIndows XP untuk menjalankannya.

Unit simulator pesawat tempur China, Shenyang J-11, ternyata dijalankan memakai sistem operasi WIndows XP yang sudah usang. Hal tersebut diketahui dari foto yang beredar di dunia maya.

Foto dengan watermark situs berita militer China, military.cnr.cn tersebut menampilkan seorang kru yang duduk di kokpit simulator pesawat, dan kru lain yang menjadi operator simulator.

Di meja operator, nampak 5 monitor berjejer di atas meja, dua di antaranya menampilkan desktop background khas Windows XP, yaitu padang rumput hijau dengan langit biru berawan putih. Foto tersebut dikenal dengan nama Bliss di sistem operasi Microsoft Windows XP.

J-11 Shenyang (NATO: Flanker B+) adalah pesawat tempur buatan China dengan airframe yang dibangun berdasar jet tempur Rusia, Sukhoi Su-27 (NATO: Flanker).

Adapun Windows XP merupakan sistem operasi tua yang sudah beredar selama belasan tahun sejak pertama dirilis pada 2001 silam.

Microsoft selaku empunya Windwos XP telah menghentikan update keamanan untuk sistem operasi tersebut pada April 2014 lalu, namun OS populer ini kadung dipakai banyak perangkat militer, termasuk milik China.

Selain menjadi software untuk simulator pesawat tempur, Windows XP juga masih diandalkan oleh Angkatan Laut AS (US Navy).

Angkatan Laut AS diberitakan rela merogoh kocek hingga 9,1 juta dollar AS atau setara Rp 121 miliar untuk membayar Microsoft agar mau memberikan dukungan teknis. Duit sejumlah itu digelontorkan demi memakai sistem operasi berumur 14 tahun ini.

Nextren