India Belanja Senjata Militer Besar Besaran Dari Rusia

India akan bekerjasama dengan Rusia di bidang militer. Pembelian senjata militer besar besaran akan dilakukan India, Salah satunya, membeli sitem rudal pertahanan udara S-400 dari Rusia.

Selain itu, India juga akan membeli 140 jet tempur Su-30MK Sukhoi. Stockholm International Peace Research Institute memperkirakan nilainya US$ 5,4 miliar.

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengaku telah menganggarkan dana US$ 150 miliar untuk upgrade persenjataan militer.

Kerjasama ini merupakan tindak lanjut kunjungan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada tahun lalu. Modi membalas kunjungan tersebut selama dua hari sejak 23 Desember.

Kesepakatan lain yang dihasilkan dalam pertemuan itu adalah Rusia akan memproduksi helikopter kargo militer di India 200-Ka-226T dengan investasi US$ 1 miliar.

Menurut Konstantin Makienko, Wakil Direktur Pusat Analisis Strategi dan Teknologi Rusia, dari kunjungan tersebut telah menghasilkan transaksi senilai US$ 7 miliar.

Bagi India, Direktur Konsultan Strategi PwC menyebut, kerjasama ini penting untuk mengembalikan keseimbangan strategis kekuatan dengan China di wilayah mereka.

Pada pertemuan bilateral itu, Modi dan Putin juga membahas pertahanan dan kerjasama nuklir. Rusia nantinya membantu India membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di negara bagian selatan India, Tamil Nadu.