Kisah Satu-satunya Produsen Pesawat Amfibi di Dunia

Sebelumnya dikenal sebagai Beriev Design Bureau, yang sekarang menjadi Beriev Aircraft Company adalah satu-satunya pabrik industri pesawat terbang di dunia yang khusus hanya mengembangkan teknologi dan memproduksi pesawat-pesawat jenis amfibi saja. Pabrik pesawat amfibi ini didirikan pada tahun 1934 di Taganrog, Russia oleh Georgy Mikhailovich Beriev (lahir February 13, 1903).

Beriev telah merancang serta memproduksi lebih dari 20 macam model pesawat jenis amfibi baik untuk keperluan sipil maupun militer, termasuk juga model pesanan khusus. Kini tak kurang dari 3000 orang insinyur, teknisi dan spesialis bekerja mengembangkan dan memproduksi pesawat-pesawat jenis amfibi di sana. Para pilot yang menerbangkan pesawat-pesawat amfibi buatan Beriev telah memecahkan 228 rekor penerbangan dunia yang tercatat di Fédération Aéronautique Internationale. Pada November 1989 Beriev Aircraft Company menjadi satu-satunya perusahaan industri pertahanan yang memenangkan penghargaan untuk kualitas yang diberikan oleh Pemerintah Rusia.

Perlu dicatat disini bahwa Beriev kini tengah mengembangkan rancang bangun bagi sebuah maha karya spektakular, yaitu Beriev Be-2500 Neptune, pesawat cargo amfibi raksasa yang bisa angkut cargo 1000 ton! Pesawat ini akan membuat Antonov An-225 dan Airbus A380 jadi kecil. Beriev Be-200 series merupakan pesawat jet amfibi multi fungsi yang diproduksi oleh Beriev Aircraft Company di Russia. Di dunia hanya pesawat bermesin jet inilah yang dapat mengangkut 12 ton air sekali angkat dan dapat berulang-alik mengambil air lagi ke sumber air tanpa harus berhenti terbang, cukup dengan “menyerok” permukaan air selama 12-15 detik. Pemboman airnya ke titik api pun selalu dapat dilakukan dengan akurat.

Sejak tahun 2000-an Beriev Aircraft Company telah memproduksi Beriev Be-200 yang sangat canggih dan tercatat sebagai satu-satunya di dunia pesawat amfibi multi fungsi berukuran besar yang bermesin jet. Pesawat yang sudah bersertifikasi EASA ini dapat mengangkut hingga 72 penumpang sebagai transporter, atau mengangkut 45 orang korban dari lokasi bencana sebagai pesawat penyelamat. Pesawat ini sebesar jet Fokker F28 Mk IV yang dulu pernah banyak dipakai oleh maskapai penerbangan kita seperti Garuda, Merpati dan Pelita. Jika pesawat jenis amfibi pada umumnya berbentuk aneh karena harus mengedepankan sisi fungsi dari pada bentuk, maka Beriev Be-200 justru terbilang cantik dan futuristik. Desain fuselage, airframe dan hull-nya yang selaras dipadukan dengan desain sayap tipe high wing yang memposisikan kedua mesin jet turbo fan-nya merapat ketengah sehingga membuatnya tampak elegan dan eksotis.