Jet Tempur Yunani dan Turki Dogfight Singkat

Menurut media Yunani, jet tempur Yunani dan Turki terlibat dalam pertempuran udara singkat di atas Laut Aegean setelah pesawat Turki melanggar wilayah udara Yunani “beberapa kali.”

Langit yang mengelilingi pulau-pulau yang di sengketakan di Laut Aegean sering menjadi insiden pertempuran udara antara HAF (Angkatan Udara Yunani) dan TuAF (Angkatan Udara Turki).

Yunani mengklaim 10 mil ruang udara di sekitar barisan pulau-pulau Yunani di sepanjang pantai barat Turki, bagian yang sangat dekat dengan daratan, sementara Turki hanya mengakui enam mil (yaitu sejauh wilayah perairan Yunani, dan diakui oleh satu sama lain).

Meskipun otoritas Yunani sering melaporkan penerbangan militer tidak sah di atas pulau-pulau Yunani, sebagian besar perseteruan dan dugaan pelanggaran terjadi dalam radius empat mil antara batas wilayah perairan (diakui oleh kedua belah pihak) dan radius 10 mil yang diklaim Athena sebagai wilayah udara kedaulatannya (sementara Ankara menganggap sebagai wilayah udara internasional).

Insiden terbaru tersebut terjadi pada 29 Desember. Menurut Ekathimerini.com, jet tempur Yunani dan Turki terlibat dalam pertempuran udara singkat di atas Laut Aegean setelah enam pesawat Turki yang mengapit dua pesawat CN-235 yang tidak dalam formasi, melanggar ruang udara Yunani sembilan kali.

Tidak jelas di mana pelanggaran udara itu terjadi, tetapi menurut media Yunani jet tempur Turki dikejar oleh pesawat buru sergap Yunani.

Di masa lalu beberapa dogfight yang terjadi berakhir tragis. Pada Juni 1992 Mirage F1 Yunani jatuh setelah terlibat duel udara dengan F-16 Turki. Pada bulan Februari 1995, sebuah F-16 Turki jatuh setelah dicegat oleh Mirage F1 Yunani. Pada Oktober 1996, Mirage 2000 Yunani menembakkan rudal Magic II dan menembak jatuh sebuah F-16D Turki yang telah melanggar wilayah udara Yunani.

Pada tanggal 23 Mei 2006, dua F-16 Yunani dicegat F-4 Phantom dan dua F-16Turki, pertempuran udara selanjutnya mengakibatkan tabrakan di udara antara F-16 Turki dan F-16 Yunani. Akibat insiden ini pilot Yunani tewas dan pilot Turki berhasil keluar dengan selamat.

The-aviationist