Jan 022016
 

prabu-siliwangi

Simbol maung dalam masyarakat Sunda terkait erat dengan legenda menghilangnya (nga-hyang) Prabu Siliwangi dan Kerajaan Pajajaran yang dipimpinnya pasca penyerbuan pasukan Islam Banten dan Cirebon yang juga dipimpin oleh keturunan Prabu Siliwangi. Konon, untuk menghindari pertumpahan darah dengan anak cucunya yang telah memeluk Islam, Prabu Siliwangi beserta para pengikutnya yang masih setia memilih untuk tapadrawa di hutan sebelum akhirnya nga-hyang. Berdasarkan kepercayaan yang hidup di sebagian masyarakat Sunda, sebelum Prabu Siliwangi nga-hyang bersama para pengikutnya, beliau meninggalkan pesan atau wangsit yang dikemudian hari dikenal sebagai “wangsit siliwangi”.

ilustrasi perang

Sistem simbol sendiri merupakan salah satu dari tiga unsur pembentuk kebudayaan. Kedua unsur lainnya adalah sistem nilai dan sistem pengetahuan. Menurut Geertz, relasi dari ketiga sistem tersebut adalah sistem makna (System of Meaning) yang berfungsi menginterpretasikan simbol dan, pada akhirnya, dapat menangkap sistem nilai dan pengetahuan dalam suatu kebudayaan.

Salah satu bunyi wangsit yang populer di kalangan masyarakat Sunda adalah: “Lamun aing geus euweuh marengan sira, tuh deuleu tingkah polah maung”. Ada hal menarik berkaitan dengan kata-kata dalam wangsit tersebut: kata-kata itu termasuk kategori bahasa sunda yang kasar bila merujuk pada strata bahasa yang digunakan oleh masyarakat Sunda Priangan (Undak Usuk Basa). Mengapa seorang raja berucap dalam bahasa yang tergolong “kasar”? Bukti sejarah menunjukkan bahwa kemunculan undak usuk basa dalam masyarakat Sunda terjadi karena adanya hegemoni budaya dan politik Mataram yang memang kental nuansa feodal, dan itu baru terjadi pada abad 17—beberapa sekian abad pasca Prabu Siliwangi tiada atau nga-hyang. Namun tinjauan historis tersebut bukanlah bertujuan melegitimasi wangsit itu sebagai kenyataan sejarah. Bagaimanapun, masih banyak kalangan yang mempertanyakan validitas dari wangsit itu sebagai fakta sejarah. (bersambung)

  34 Responses to “Prabu Siliwangi: Membaca Peta Militer Nusantara (1)”

  1. Maung bandung mmg OK

  2. Macan siliwangi

  3. tigo
    hidup siliwangiii

  4. Saya tidak memahami isi artikel ini

  5. Bingung ya,,,!

  6. konon Prabu Siliwangi punya Trah Sanghyang, dan cucunya Sunan Gunung Jati punya Trah Sanghyang dari Ibu dan Trah Rosulullah dari ayahnya,,,Kean Santang dgn Gagak Lumayungnya, Pangeran Cakrabuana/R. Walangsungsang/Mbah Kuwu Sangkan Cirebon dgn Cincin ampalnya.
    sungkem hormat kapihatur keur sadaya karuhun,,,,,,

    • menarik..bung asbun tolong dong artikan dlm bhs Indonesia wangsit yg populer dlm masyarakat sunda itu..terimakasih

      • @bung Masha kira2 artinya begini “ Lamun aing geus euweuh marengan sira, tuh deuleu tingkah polah maung ” (klo aku sdh tdk ada bersama kalian, lihat karakter harimau), utk mengartikanya secara luas ane sendiri takut salah2 kata, konon Trah Siliwangi rata2 punya tanda tertentu,,,tp agak males bahas ginian takut unung2nya sara, apalagi klo sdh disangkutin dgn “bubat”

        • Bung Dower,
          sekarang ini memang sudah zaman reformasi plus plus, termasuk plus UU hate speech jadi wajar kalau Bung Asbun tidak mau menyinggung ranah SARA

    • menghubung2kan dengan keyakinan mayoritas memang lebih cetar membahana, tanpa tanding & tanpa lawan.

  7. Wong jowo tinggal separo = artinya orang jawa meninggalkaa kejawaan’a ( tradisi kejawen ) dan tetap memegang tujuan mulia ( perjuangan ) ,Wong Londo tinggal sejodo artinya orang barat sudah kehilangan nafsu menjajah mereka ( kalah perang dimana2 ) yang tersisa hanya cerita lama tentang keburukan mereka dan berbagai macam ilmu tehnology mereka yg berhasil dikuasai banyak negara( termasuk Indonesia tentunya 😀 ) , Wong Cino podo lungo artinya orang cina sudah tidak lagi menjadi penjilat penguasa dan raja bisnis negeri ini , anak2 negerilah yang menguasai berbagai posisi strategis baik di bidang pemerintahan ataupun yang lainnya .

    Coment Orang Jogja

    • tafsir seperti itu berarti tak ada hubunganya dg adanya satrio piningit sinisihan wahyu. alias sang pangeran perang.

    • Alaaah soo tau lau
      Indonesia paling banyak sunda land sue lau
      Dari banten sampe ciribon
      Jawa cuma bsa buat cerita aja beraak ente merakbal
      Tahun yg akan datang president di pinpin oleh orang sundaland
      Biarkan jawa sok mangga atuh kanjut

  8. Salah satu bunyi wangsit yang populer di kalangan masyarakat Sunda adalah: “Lamun aing geus euweuh marengan sira, tuh deuleu tingkah polah maung”

    Alangkah baiknya bunyi wangsit tersebut disertai terjemah kedalam bahasa indonesia agar para pembaca yg tidak mengerti (termasuk saya pribadi) bisa memaknainya secara mendalam.

    Ditunggu artikel berikutnya, selain berita alutsista membaca dan mengenal sejarah merupakan hoby saya 🙂

  9. jika wong jowo tinggal separuh artinya demokrasi di indonesia tidak didominasi oleh suara jawa saja. dengan begitu arus kekuasaan dan pembangunan akan keluar dari jawa dan menyebar ke nusantara.

    • klo wong jowo tinggal separo berarti trah siliwangi ( sunda )yang menggantikan karena suku yang terbesar kedua adalah sunda..maybe..meureun…salam bung..

      • walaupun tinggal separo…masih cukup banyak tuh.
        dari 120 juta orang jawa…tinggal separo ya. masih ada 60 juta.
        lah orang sunda tinggal separo dari 30 juta…ya tinggal 15 jutaan.

        emange yang tinggal di pulau jawa hanya orang jawa aja….orang sunda juga bejubel. Kalau kena nuklir…emange yang mati orang jawa aja…?

      • kalau orang jawa tinggal separo…berarti separo dari 120 juta. masih ada 60 jutaan orang jawa.
        kalau orang sunda yang 30 juta an…tinggal separo berarti tinggal 15 juta orang.

        emangnnya yang tinggal dijawa hanya orang jawa saja…? kalau pulau jawa di nuklir….yang pasti orang sunda juga banyak yang tewas disamping orang jawa.

        masih tetap orang jawa lebih banyak daripada orang sunda.

    • ngomong apa kamu…kamu anti jawa ya?
      kalau wong jowo tinggal separo ..itu berarti cina tinggal sejodo, bule2 tinggal sejodo.

      artinya itu terjadi hampir kemusnahan manusia seluruh dunia. Karena perang besar antara bangsa yakjuj makjuj (bule2) plus cina melawan bangsa Indonesia dan kaum muslimin.

      masa masih ada manusia2 non jawa..? kalau masih ada wong jowo tinggal separo…itu masih banyak…. lah non jawa tinggal berapa,,,malah mungkin susah dihitungnya…pada habis.

  10. bung @uluh itah saya coba bantu artikan wangsit basa sundanya ke bahasa indonesia bung “lamun aing geus euweuh marengan sira,tuh deuleu tingkah polah maung” . ( kalau saya sudah gak ada bersama kalian,itu lihat sepak terjang/tingkah laku macan)

    salam NkRI.

    • saya bangga selaku urang bogor asli masih memakai bahasa sunda yang di pakai prabu siliwangi yang sekarang malah di sebut bahasa “kasar” …padahal memang bahasa sunda tidak mengenal undak unduk bahasa ( feodalistik)seperti bahasa jawa.makanya jangan ngaku turunan siliwangi klo masi pake bahasa ” alus” karena itu sejatinya bukan bahasa kita….coba baca juga prasasti kawali bahasanya sunda kuno…mirip dengan bahasa prabu siliwangi..CMIW…

    • makasih bung GALUH dah bantu menterjemahkannya…salam tuk anda dan kluarga bung

  11. Lebih baik generasi sekarang dan selanjutnya bisa melestarikan budaya sunda,

  12. Sili wangi : sili asah, sili asuh, sili asih, sili ngajagi, sili ngajujukeun.

  13. Nyimak aja …

  14. syair ronggowarsito, deru dan hingarnya jeritan rolling stone, “fals”

  15. dalam peperangan antara kerajaan rajagaluh dan cirebon di mana sang raja Galuh di kepung hinggga melarikan diri ke daerah desa sanghiyang,kec, banatarujeg kab majalengka ,dalam keadaan sudah di kepung oleh pihak lawan sang raja galuh menghilang tnpa meninggalkan jejak maka tempat/wilayah tersebut di sebut desa sanghiyang sampe sekarang,

  16. good..sprti pskn siliwangi banyak berperan dlm penumpasan pemberontakan di wilayah nkri

  17. “Negara kita akan aman hanya apabila wong jowo tinggal separo,wong belanda tinggal sejodo, wong cina pada lungo” Artinya? Silakan anda terka sendiri

    _______
    jangan lupa untuk menghitung seberapa banyak koruptor yang berasal dari JAWA dan bangsanya sendiri

    saya pribadi lebih setuju dengan Bung Karno:
    perjuanganku lebih mudah untuk mengusir penjajah,
    tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamau sendiri

  18. Jawa, sunda, batak Papua, Cina keturunan, dayak, melayu dll adl dinamika nusantara dan akuarium warna warni NKRI dlm sumbangsih dunia, adl suku yang diselamatkan atas Ridlo Tuhan.. Semoga kita selalu dlm balutan Merah Putih laksana Jati yang kokoh. ..
    Adapun kembali pada KUALITAS kita dg nalar ketaatan akhlak pribadi bukan suku, agama ato golongan… Salam

  19. penyebaran agama perang juga

  20. Mohon ijin share makna dari wangsit Siliwangi, sbb:

    “Lamun aing geus euweuh marengan sira, tuh deuleu tingkah polah maung”
    “Kalau aku sudah tiada bersama kalian, lihatlah perilaku/kepribadian harimau”

    Sebetulnya wangsit teraebut adalah pesan kiasan, yang artinya setelah beliau tidak ada bersama kita, masyarakat/generasi selanjutnya akan berperilaku seperti harimau.

    Contoh perilaku harimau adalah:
    1. Sombong,
    2. Serakah,
    3. Malas,
    4. Sewenang-wenang kepada yg lemah,
    5. Tidak menghormati yg lebih tua,
    6. Dll..

    Maka hendaknya kita sebagai generasi muda dapat menghindari perilaku yg demikian untuk masa depan pribadi dan bangsa yg lebih baik.

    Salam hormat,

    MH

  21. Sunda ITU bagian Dari jawa seperti halnya madura, Bali, DLL.. jangan mengkotak kotakkan. buang pikiran DEVIDE ET IMPERA tinggalan VOC, move on bray, iNI bukan dijaman kerajaan lg. lupakan peperangan dimasa lalu kalah menang gak ada yg untung. mending mari bergandengan tangan untuk berkarya agar Indonesia hebat. Kerja..kerja.. kerja..!

 Leave a Reply