Home » Alutsita Canggih » Memberantas Jaringan ISIS di Malaysia

Memberantas Jaringan ISIS di Malaysia

Kepolisian Malaysia dan Pemerintah Malaysia bekerjasama untuk memberikan penyuluhan dan pengarahan di sekolah-sekolah, tentang bahaya yang diakibatkan oleh keterlibatan seseorang mengikuti ajaran kelompok ISIS.

Menteri Pendidikan Malaysia, Chung Sin Woon, mengatakan kepada wartawan, bahwa kepolisian dan badan keamanan lainnya di Malaysia, akan memberikan penyuluhan untuk anak-anak sekolah di tahun ini, untuk meningkatkan kewaspadaan diantara pelajar atas bahaya laten ISIS.

Hal ini dikemukakan untuk pertama kali, karena adanya kerjasama antara kementerian pendidikan Malaysia dengan Kepolisian, dan Chong juga tidak merinci kapan penyuluhan itu akan dilaksanakan.

Hal ini dilakukan, karena akhir-akhir ini banyaknya simpati terhadap ISIS di Malaysia yang memang masyarakatnya mayoritas pemeluk agama Islam. Walaupun Malaysia menganut Islam moderate, tapi ada beberapa kelompok yang terkait ISIS yang tertangkap akhir-akhir ini.

Berdasarkan data dari Pemerintah bahwa ada lebih kurang 112 telah ditangkap sejak tahun 2013, karena keterlibatannya dengan jaringan ISIS. Ada yang terlibat, ada yang bertempur, dan ada juga wanita-wanita yang menjadi sukarelawan untuk militan ISIS.

The Pew Research Center, telah mendata di bulan November 2015, bahwa 67 % penduduk Malaysia menentang ISIS – 21 % tidak memberikan jawaban.

Selain ISIS, Pengadilan Tinggi Malaysia, pada malam tahun baru, telah menjatuhkan hukuman kepada seseorang yang telah ikut bergabung dengan jaringan Al-Qaeda.

Malaysia juga telah bergabung dengan Amerika Serikat di bulan September 2015 dalam usahanya memberantas jaringan ISIS di dunia.