Jet Tempur F-14 Tomcat Iran dengan Kamuflase Baru

Jet Tempur F-14 Tomcat Iran
Jet Tempur F-14 Tomcat Iran

Jet Tempur F-14 Tomcat Angkatan Udara Iran Republik Islam Iran (IRIAF), menggunakkan tiga tone kamuflase baru, mengikuti warna geografis di Timur Tengah.

Kini Iran adalah satu satunya Negara yang masih menerbangkan jet tempur F-14 Tomcat. Operasi terakhir yang dilakukan F-14 Tomcat ini, adalah mengawal bomber strategis Rusia, yang bertolak dari Rusia melintasi Iran, untuk menyasar posisi ISIS di Suriah.

Irak merombak dan melakukan perawatan berat terhadap F 14 Tomcat pada lokasi yang tidak disebutkan, namun diduga di Bandara Internasional Teheran, menurut beberapa sumber.

Jet Tempur F-14 Tomcat Iran
Jet Tempur F-14 Tomcat Iran

Iran masih mengoperasikan F-14 Tomcat yang dimodernisasi menjadi F-14AM (“Modernized”) untuk memperpanjang operasi pesawat sampai tahun 2030. upgrade Domestik termasuk avionik (radar dan RWR) dan senjata: udara ke udara R-73E, AIM-54A, AIM-7E dan AIM-9J, disesuaikan dengan sistem pengendalian tembakan pesawat.

Tomcat Iran juga dapat membawa rudal AIM-54A + “Fakour-90” : upgrade oleh Iran, versi rekayasa dari rudal jarak jauh AIM-54 Phoenix yang terkenal dari F-14 US Navy.

Jet Tempur F-14 Tomcat Iran
Jet Tempur F-14 Tomcat Iran

Teheran diyakini mengoperasikan sekitar 60 jet tempur F-14, namun jumlah yang siap tempur, tidak diketahui. Menurut beberapa rumor, ada rencana Iran untuk menggunakan Tomcat dalam peperanagn dengan sasaran udara-ke-darat.

Yang jelas, dalam beberapa cara atau yang lain, Teheran berhasil menjaga F-14 tetap layak terbang, prestasi yang signifikan di tengah embargo terhadap Iran dan kurangnya suku cadang untuk jet tempur Tomcat.

Sharing

Tinggalkan komentar