Menunggu Modifikasi Su-30MK2, untuk Mengangkut Rudal Klub A

Klub A Air-to-Surface Missile (photo : portierramaryaire)
Klub A Air-to-Surface Missile (photo : portierramaryaire)

Rusia siap menjual sistem rudal Klub-A 3M-54AE untuk melengkapi jet tempur Su-30MK2 Angkatan Udara Vietnam. 3M-54AE (Klub A) adalah rudal anti-kapal dari keluarga Rudal Klub yang diluncurkan dari pesawat.

Rudal ini memiliki dua-tahap peluncuran roket. Tahap 1 rudal menempel di laut, terbang dengan kecepatan subsonik Mach 0,8 dan tiba-tiba melonjak menjadi 2,9 Mach ketika mendekati target, membuat sistem pertahanan strategis kapal perang musuh memiliki sangat sedikit kesempatan untuk intersepsi. Rudal Klub-A memiliki hulu ledak semi-armor piercing berbobot 200 kg, berat rudal dikurangi menjadi 1.950 kg sesuai dengan kendaraan untuk membawa dan jangkauan maksimum 300 km.

Sebelum menyatakan menjual Klub-A, militer Rusia telah menjual rudal anti kapal Kh-59MK untuk melengkapi pesawat tempur multiperan Su-30MK2.

Rudal Klub A
Rudal Klub A

Kh-59MK adalah rudal anti-kapal yang dikembangkan dari rudal jelajah darat Kh-59 Ovod (AS-13 Kingbolt), digunakan untuk menghancurkan jenis target di air dengan luas reflektor radar yang kecil, untuk serangan siang dan malam, di segala cuaca dan gelombang laut hingga level 6.

Fitur khusus rudal Kh-59MK adalah membawa 2 mesin termasuk motor roket berbahan bakar padat yang ditempatkan di bagian ekor dan mesin turbofan yang dipasang di bawah badan pesawat, untuk kecepatan subsonik Mach 0,88. Rudal ini memiliki berat 900 kg, hulu ledak 320 kg. Namun kelemahan rudal ini tidak bisa menghancurkan kapal perang yang besar.

Dari dua jenis rudal di atas, mana rudal yang tepat untuk digotong oleh pesawat tempur Su-30MK2 ke Vietnam ?

Jika kita membandingkan parameter dasar, maka rudal 3M-54AE (Klub A) terbukti unggul dari rudal Kh-59MK, dari kemampuan untuk terbang yangfleksibel, meskipun rudal Klub-A membawa hulu ledak yang lebih kecil tapi masih memiliki kekuatan ekstra untuk melawan satu kapal destroyer dengan 1 tembakan.

Su-30MK+Kh-59MK2-KnAAPO-1S

Namun rudal (Klub A) 3M-54AE memiliki kelemahan “mematikan” yakni berat badan terlalu berat hingga 1.950 kg, sedangkan tiang (pylons) di pusat badan Su-30MK2 hanya mentolerir berat maksimal 1.500 kg. Jika Anda ingin membawa rudal Klub-A, di Su-30MK2, maka harus menjalani proses memperkuat chassis yang sangat kompleks. Mirip dengan Su-30MKI India yang melakukan perbaikan rangka untuk bisa membawa rudal BrahMos.

Sementara itu, Kh-59MK relatif kecil dibandingkan Su-30MK2 dan dapat membawa 5 rudal jenis ini. Kemampuan untuk mengintegrasikan Su-30MK2 tanpa perubahan khusus untuk rudal Kh-59MK, menjadi keuntungan besar.

Oleh karena itu, setelah munculnya informasi Su-30MK2 Vietnam telah dilengkapi dengan rudal Kh-59MK, hampir pasti rudal 3M-54AE tidak memiliki kesempatan, untuk diangkut. Rudal Klub A, 3M-54AE akan dibeli jika Angkatan Udara Vietnam pada masa mendatang mengoperasikan versi Su-30SM dengan chassis yang telah diperkuat untuk menanggung beban rudal yang berat.

BaoDatViet.vn

Sharing

Tinggalkan komentar