TNI AD Bentuk Batalyon Zeni

image

Jakarta – TNI AD akan membentuk Batalyon Zeni, dengan meningkatkan keberadaan Detasemen Zeni saat ini. Pembentukan Batalyon ini untuk membantu program Nawacita Presiden Joko Widodo dalam hal pembangunan.

“Zeni sedang dalam proses peningkatan, karena Zeni sedang laku keras, yang kebetulan sejalan dengan progam pembangunan Nawacita, jadi banyak program yang bisa dilakukan mereka (Zeni). Maka itu sudah ada pembicaraan internal untuk peningkatan,” ujar Kadispenad Brigjen TNI Sabrar Fadhilah, di Kartika Media Center TNI, Jakarta, Jumat (8/1/2015).

Brigjend Fadhilah menjelaskan ada 9 kemampuan Zeni TNI AD, antara lain membangun dan memusnahkan konstruksi.

“Mereka memiliki kemampuan penghancuran, kontruksi, nubika (nuklir, biologi, kimia)”.

Zeni juga memiliki kemampuan dalam membuat rintangan, samaran, penyeberangan, penyelidikan, perkubuan, dan penjinakan bahan peledak. Meski telah ada rencana, namun teknis dalam peningkatan Detasemen Zeni belum dilakukan.

image

“Teknis belum, karena berkaitan dengan anggaran. Namun, pembentukan Batalyon Zeni bagian dari prioritas, yang sudah dilakukan peningkatan kemampuan kualitas prajurit secara umum. Seperti satuan-satuan infanteri yang Kostrad Linud itu ditingkatkan jadi para Rider. Ada kemampuan para sendiri, Linud, Ranger. Mereka yang akan ditugaskan,” ungkap Brigjend Fadhilah.

“Personil prioritas akan dilakuka karena ini semua kait mengait. Mereka memiliki kemampuan Zeni nggak? Karena harus yang memiliki kemampuan itu. Kita juga dalam kaitan strategi kebijakan zero growth dan right sizing”.

Tahun ini TNI bersama departemen Pertanian, menjalankan program mencetak sawah.

Zeni merupakan salah satu satuan di TNI AD, yang selama ini masih di bawah Komando Daerah Militer (Kodam). Nantinya akan berdiri sendiri seperti Infanteri dan Kavaleri yang sudah menjadi batalyon, memiliki personel yang lebih banyak dan peralatan yang lebih lengkap.

sumber: Detik.com

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar