Jan 082016
 

image

Jakarta – TNI AD akan membentuk Batalyon Zeni, dengan meningkatkan keberadaan Detasemen Zeni saat ini. Pembentukan Batalyon ini untuk membantu program Nawacita Presiden Joko Widodo dalam hal pembangunan.

“Zeni sedang dalam proses peningkatan, karena Zeni sedang laku keras, yang kebetulan sejalan dengan progam pembangunan Nawacita, jadi banyak program yang bisa dilakukan mereka (Zeni). Maka itu sudah ada pembicaraan internal untuk peningkatan,” ujar Kadispenad Brigjen TNI Sabrar Fadhilah, di Kartika Media Center TNI, Jakarta, Jumat (8/1/2015).

Brigjend Fadhilah menjelaskan ada 9 kemampuan Zeni TNI AD, antara lain membangun dan memusnahkan konstruksi.

“Mereka memiliki kemampuan penghancuran, kontruksi, nubika (nuklir, biologi, kimia)”.

Zeni juga memiliki kemampuan dalam membuat rintangan, samaran, penyeberangan, penyelidikan, perkubuan, dan penjinakan bahan peledak. Meski telah ada rencana, namun teknis dalam peningkatan Detasemen Zeni belum dilakukan.

image

“Teknis belum, karena berkaitan dengan anggaran. Namun, pembentukan Batalyon Zeni bagian dari prioritas, yang sudah dilakukan peningkatan kemampuan kualitas prajurit secara umum. Seperti satuan-satuan infanteri yang Kostrad Linud itu ditingkatkan jadi para Rider. Ada kemampuan para sendiri, Linud, Ranger. Mereka yang akan ditugaskan,” ungkap Brigjend Fadhilah.

“Personil prioritas akan dilakuka karena ini semua kait mengait. Mereka memiliki kemampuan Zeni nggak? Karena harus yang memiliki kemampuan itu. Kita juga dalam kaitan strategi kebijakan zero growth dan right sizing”.

Tahun ini TNI bersama departemen Pertanian, menjalankan program mencetak sawah.

Zeni merupakan salah satu satuan di TNI AD, yang selama ini masih di bawah Komando Daerah Militer (Kodam). Nantinya akan berdiri sendiri seperti Infanteri dan Kavaleri yang sudah menjadi batalyon, memiliki personel yang lebih banyak dan peralatan yang lebih lengkap.

sumber: Detik.com

  9 Responses to “TNI AD Bentuk Batalyon Zeni”

  1. Siiiiiiiiiiiiip…….Lah

  2. Alatnya keren juga..

  3. Budayakan menbaca terlebih dahulu

  4. itu robot ya.?

    • Betul Bung……Namanya Devender ROV ( Remotely Operated Vehicle ) Untuk Misi Penjinakan Bahan Peledak Dan Misi Anti CBRN ( Chemical, Biological, Radiological and Nuclear ) Serta Bisa Juga Untuk Menetralsir Area Yang Dianggap Rawan Sebelum Kunjungan Tamu VVIP ( Very Very Important Persons )

  5. mantaaaaaaapppp….jayalah TNI ku………

  6. Zeni pasukan penting !!!!! tingkatkan fasilitas dan alutsista zeni…

  7. siiip……….

  8. Kayaknya ini jg ada hubungannya dngn pembangunan di papua, karna para tukang disana bnyk yg diganggu sama terorist2 brsenjata! Ni aja yg dhujani panah n lari kehutan jg blm ketemu! Tapi kalo pasukan zeni yg mbangun disana, coba ganggu kalo berani! Bisa disikat abis mereka! Operasi membangun (infrastruktur) sekaligus operasi penghancuran (pengacau keamanan) ! Siasat /taktik yg sangat briliant ! Strategi Untk mbungkam Komnas ham (para vabian) dan negara2 heater RI yg kerap cuap2 ga karuan tntng pelanggaran ham ! jadi kalo ada pengganggu keamanan ngacauin pembangunan itu! Trus dbabat hbis ma pasukan zeni ( yg brkmampuan raider) yg lg membangun infrastruktur demi kesejahteraan rakyat Papua! Ada alasan bhwa mereka membela diri! TNI ga perlu bikin operasi khusus kalo gini.. Hehehe bravo TNI! U r still the best of the best son of Indonesia ! NKRI harga mati! 😮

 Leave a Reply