Jan 082016
 
Destroyer Lanzhou Class, Armada Selatan China

Destroyer Lanzhou Class, Armada Selatan China

Mungkin banyak artikel tentang kapal perang, pesawat tempur, tank, kendaraan tempur China dan segala alutsista PLA.

Sebelum kita membahas segala kemungkinan terjadinya perang di utara Natuna atau Laut China Selatan, lebih baik kita mengenal kekuatan armada selatan PLA Navy (PLAN) bila terjadi konflik antara negara ASEAN dengan PLA, baik secara langsung maupun lewat proksi (didukung AS/ Sekutu).

Armada Selatan PLA Navy merupakan armada terkuat dari tiga armada PLAN (armada utara, timur dan selatan).

Armada Selatan bermarkas di Zhanjiang merupakan armada paling lengkap, kuat dan canggih karena dibanding dua armada lainnya, di sini kapal induk Liaoning bermarkas, gugus tugas ini merupakan peran vital bila terjadi konflik di Laut China Selatan (LCS) dan Taiwan juga Anti-Access/Area Denial (Pembatasan sekutu militer (AS) untuk membantu).

Kekuatan pendukung Armada Selatan militer China:

– Kapal induk Liaoning merupakan kapal induk uni soviet yang ada dipangkalan ukraina dibeli oleh China 20 tahun lalu, direfubish kembali menjadi pangkalan 2-3 skadron J-15 flying shark.

– Destroyer 052 Kunming class jumlah 3 buah: Kunming 172, Hangsha173, dan Hefei174.

– Destroyer 052 class Lanzhou; Lanzhou 170, Haikou 171

– Destroyer 052b class Guangzhou: Guangzhou168, Wuhan169

– Destroyer 051 class Luhu: Shenzhen(167)

– Destroyer 051 class Luda: Nanchang163, Zhanjiang165, Zhuhai 166

– Delapan Kapal perang Jiangkai class: 2: Hungshan(570),Chaohu(568), Yungcheng(571), Yulin(569), Hengshui(572), Liuzhou(573), Yueyang (575) dan Sanya(574).

– Tiga frigate Jiangwei class: Yichang(564), Huaihua(566) dan Xianyang(567).

– Enam frigate Jianghu class: Beihai(558), Dongguan(560), Linfen(454), Jinhua(534), Zhaotong(555) dan Zhaoqing(563).

– Korvete class Jiangdao: Meizhou(584), Baise(585), Jieyang(587) dan Qingyuan(589).

– Kapal selam Ming class berjumlah 8 unit.

-LST class Yuzhao: Kunlunshan(993), Chang daishan(989), Jinggangshan(999)

– LST class Yuting 3: Huading(992), Kuoxioshan(993), Daiyuanshan(994), Leyangshan(995), Lioatieshan(996), Luhuashan.

– LST Yuting 2 class: Emeishan(992)

– LST Yuting class: Dongtangshan(931), Helanshan(932), dan Liupanshan(993).

– Enam kapal cass Qiongsha (kapal tranpors)

– Satu Kapal Hospital

– Empat kapal tranport pasukan Yudae class

– Kapal selam tipe 094 Jin class minimal 2-3 bermarkas di armada selatan, diperkirakan total ada sekitar 20-an kapal selam dari berbagai jenis bermarkas di armada selatan.

– Puluhan KCR type 022 Houbei berdinas di armada selatan patroli pesisir China(+-30 unit).

– Markas divisi marinir China berkuatan kurang lebih 12.000 marinir.

Destroyer Kunming Class

Destroyer Kunming Class

Sebagai pembanding unsur unsur untuk menandingi armada selatan China, siap payung sebelum hujan merupakan adigium untuk siap perang kalau mau damai.

Perkembangan geopolitik bergitu cepat dan ekonomi gombalisasi sedang anjlok dengan cepat mempunyai impact secara langsung dan tidak langsung.

Ditulis dari bebagai referensi. Kalau ada yang salah, sialkan masukannya. Masalah perpindahan kapal perang dari armada timur atau utara ke armada selatan , ini masalah internal China,(mungkin ada warjager bisa kasih tahu)

Salam damai selalu 🙂

bukek siansu

  37 Responses to “Kekuatan Armada Selatan China vs Militer Asean”

  1. pertama

    • Salah satu dr jiangkai class pernah ane liat di TOMINI yaitu yungcheng 571…kalo gak salah berarti bener…

      Mantap

      • Indonesia gak gentar sedikitpun .. banyakin bikin amunisi dan rudal agar bisa di tembakkan dari pulau pulau di sekitar Natuna .. kalah dalam jumlah Kapal bisa diatasi pakai Tongkang yang sudah di modif dengan rudal dan roket .. kapal kapal sipil di cat kapal perang dan di persenjatai semua .. tak tik ini dulu di pakai Presiden Soekarno untuk melawan sekutu

    • Aduh Mas Gimana Mau Hadang Kapal Dagang Cina,, Kalo Negara tujuan kapal dagang Cina Udah di Infasi Ama tentara pembasan rakyat Cina,, ya gak

    • tenang semuanya di indonesia masih ada tommy rafael , suruh hilangkan saja semua kapal cina bila perlu kirim limbad ke pangkalan musuh saya yakin dedy corbuzier pasti datang membantu.

  2. 1 paling

  3. uuhhh serem amat tu armada china,ayo tni kebut terus penambahan sista,trrutama sista produk dalam negeri,bravo TNI NKRI kuat

    • Benar bung….itu lho musuh terkuat…mungkin sekarang tidak…tapi nanti siapa tau ??? Jangan cuma ngandalin besarnya jumlah rakyat…mumpung masih ada waktu di genjot penambahan dan peremajaannya alutsista berbagai matra…tahun ini bikinlah satelit mata2 militer, drone tempur yg bisa bawa misil..gak bisa bikin beli dulu dah….

  4. Judul artikelnya china vs asean,, yang ditulis baru dari pihak china,, yang dari rivalnya kok gak ditulis?
    Bacanya jadi kagol,, seperti orang ngeden mau pup tapi gak jadi,,

  5. menang asean,, krn jika prng, yg dihancurkan adlh kawasan dia

  6. yg ane salut dari si panda ini adalah,ketika ia membuat kapal perang,bak membuat kapal nelayan aja,begitu cepat sekali dlm pengerjaan nya…dlm setahun aja udah berapa biji kapal korvet/fregate yg mampu ia buat…berbeda jauh dgn kita…

  7. Perlu diperhatikan bahwa jalur pipa yang dibangun di jalur sutra kian mendekati kenyataan….asia bersatu. Kalau sudah jadi, China dipastikan bisa menang melawan seluruh armada asean, jepang, korea selatan dgn catatan amrik tidak ikut campur.

    Makanya sebagai negara asia mending bersatu saja duduk bersama, enaknya diapakan seluruh kekayaan alam di laut china selatan.

    West now are declining..east become rise today….so do not thinking about war …

    Diplomasi yang dilakukan antara China dan indonesia menghasilkan kesepakatan bersama dmn China tidak memasukkan natuna dalam 9 line dash. Coba kita cek kembali update peta 9 line dash China…..

    Salam

    • Hehehehehehehehe… Spt statement seorang pengamat militer indonesia berkata.. Cina sgt menghormati dan menghargai kekuatan, jika kita lemah dan diam maka mereka tanpa ragu akan melahap dan mamngsa kita.. Maka skenario itulah yg dijalankan mbah mul dgn lsg mendatangi cina dan PLA nya meNanyakan nine dash line tsb..dan pada saat mereka menjajal dan ingin mencoba menggigit di Natuna TNI AL lsg menggebuk dgn kekuatan senyapnya.. Apa dan seberapa kuat TNI kita..? Itu menjadi pr bagi PLA…mereka jatuh terduduk dan terdiam menahan sakit sembari menghitung kembali kekuatan yg mereka miliki hehehehehehe…tp 1 hal mereka berhasil mengintimidasi philipina, vietnam dan malingsia dgn menongkrongi wilayah lautnya dan hanya vietnam yg melawan dan terus menumpuk senjatanya utk mengimbangi…sdgkan tetangga jaguh kita yg memiliki kelainan kleptomania hanya bsa cengar cengir (sambil garuk2 kepala) kebiasaan diatas poon pisang tanpa berani protes apalagi melawan..xixixixixixixixi… Ayo dilawan dong cyynnn…kan punya scorpene..?walau tak bisa selam tp mayan bisa ngambang…biar bisa adu cepet lari sama C702 nya cina…wkwkwkwkkwkwkwk… Atau mungkin cina tak bawa pisang jadi atm tak mau melayani..?huahahahahhahaha…

  8. “Prepare Natuna for the bad scenario”

  9. Tinggal tebar ranjau laut sepanjang laut natuna, pengadaan S-300 dan S-400, siapin marinir kita untuk misi infiltrasi bawah laut, perbanyak titipan alutista kita ke negara brunei karena letaknya paling dekat. Perbanyak lontong, frigate, destroyer, pkr, kcr dan klewang kita. Percepat pengadaan Su 35 kita, tambah juga keluarga sukhoi kita. Beli yg banyak skyshield. Bila perlu beli lontong super yg bisa nembakin rudal jelajah +/- 10.000km. Di jamin kita bisa bikin rumpon buatan dan paling tidak sama2 ancur ancuran.

    • Numpang ngopi bung tsunami…harapan ane jg gitu,minimal jangan sampai mudah masuk wilayah kita..perbanyak tukang gebugnya..!! Klopun udah terlanjur masuk n bikin ancur2an disini,insyaAlloh merka kagak bakalan bisa pulang..krn negaranya pun udah pasti ancur juga,caranya gimana?? Mari kita gelitik bung @bakulo wajaro

      • Hehehhehehe… Numpang lapaknya bung tsunami..nyeruput kupinya juga ya bung Jeepers…wkwkwkkwkwkwk…caranya sdh disetting sama si bpk besar..investasi jalur kereta api dan investasi pertambangan dikalimantan yg digarap oleh om putin cukup menjadi jaminan keamanan dari para penjahat dunia krn om putin pun punya kepentingan utk melindungi investasinya..batubara..? Atau oraminum yg terbaik di dunia..?hehehehehhe… konspirasi asu dan panda yg sedang maen lenong sdh menuai hasilnya..philipina yg dulu menyewakan clark dan subic utk militer asu sbg pangkalan militer kemudian menutupnya.. Kini hrs mempersilahkan kembali militer asu menempatinya kembali tanpa hrs sewa…hehehhehehehe..dan alutsistanya pun laris manis dibeli para sekutunya termasuk jepang, korsel dan taiwan utk menghadapi pemain lenong dari timur..bagi sang agresor sendiri manuver asu di lsc tak memberilkan efek apapun terkait pembangunan pangkalannya di lcs..krn memang sdh jadi dan sdh beroperasi toh.. Pertanyaannya mengapa tdk dicegah dan dilakukan manuver pada saat pembangunannya..? Hehehhehehehe… Lcs secara defacto sdh dikuasai.. Skrg tinggal natuna dan ibu pertiwinya sbg sasaran utama dari ke 2 tukang lenong ini dgn berkolaborasi utk masing2 mencari keuntungan bersama dan membaginya..ampasnya mungkin akan coba dibagi dgn para cacing2nya dikawasan ini.. Walau cukup berhasil skenario lenongnya di lcs tp masih mentok tembok di Natuna… Xixixixixi padahal kaselnya udah Aki2 sering opname pula.. Pake semboyan BKKBN.. 2 anak cukup..dari istri pertama. Masih turunan ras arya.. Dari istri kedua anaknya 3 turunan kroya…2 lahir caesar yg atu lahir normal tp blm pada dtg.. Nah yg kawin siri yg ga terdaftar di catatan sipil ini yg bkin keder dan cenat cenut para pemain lenong….anak2nya turunan rusia pada ga punya akte kelahiran… xixiixixixixixi… Israel aja rajanya licik pemain film holiwod disa dikadalin.. Apalgi ini 2 pemain lenong..hehehhehehe.. Dan spt yg dikatakan athan RI bahwa jika ada serangan thd RI maka akan byk rudal jarak jauh tanpa kemasan dan tanpa segel yg dikrim lsg dari produsennya ke tujuannya mendarat tanpa hrs repot2 diangkut pake antonov..xixixiixxixixi…lebih praktis dan ekonomis dan sedkit berkumis..wkwkwkkwkwk…

  10. Trus kbar kelanjutan masterplan 50ribu cina di kalimantan bener gak?mungkin kalo bemet ini trok cina untuk jangka panjang?

  11. yg jelas investasi cina di Indonesia urutan teratas setelah jepang dan singa poor,,,dan kayaknya selain Tuhan tdk ada yg bisa melawan kekuatan “uang”, mungkin tanpa perang pun cina sdh bisa kalahkan jepang, klo cina bisa bobol n nyolong design raptor, tentu cina bisa lakukan hal serupa pada semua industri otomotif jepang, tinggal buat modif dikit trus jual murah, apa gak rontok tuh industri oto jepang seperti electronya,,,wait n see aja dagelanya sampe dimana,imho

  12. Nama2 kapalnya terkesan kualitas KW

  13. mungkin hanya 4 orang Kopaska sudah mampu untuk menghancurkan 1 kapal destroyer Tiongkok B-)

  14. Militer (armada) ASEANnya mana? Hmm….garuk2 kepala…

    • @bung gen tonk/flankers harusnya judulnya:MENGENAL armada selatan china,coba dibaca artikel diatas tidak ada artikel melawan seluruh kawasan regional,cm kalo misal terjadi konflik laut(istillah kalo perang dilaut nah pasti ketemu dilcs itu kaprang2 pla) nah itu kekuatan pla navy berserta alussita selain diugrade dan diganti baru.(judulnya diganti admin xixixixi)

      met ngeden salam damai selalu:)

  15. Bingung tulisanya belum selesai cuma china yg di ulas, armada ASEAN tertutup kabut.

    gagal melahirkan nih.

    ditunggu sambunganya ???

  16. Jangan lupa bahwa nenek moyang bangsa Indonesia, Majapahit, satu2nya kerjaan yang tak bisa di Invasi oleh Kekaisaran Tiongkok – Mongol dinasti Yuan, karena kecerdikan dan strategi Raden Wijaya, yang membuat malu dan kocar kacir pasukan Kubilai Khan…
    Jangan sampai itu terjadi lagi karena darah Majapahit masih mengalir di Bumi Pertiwi ini..

    • Dulu bukan zaman misil dan rudal2..apalagi rudal nuklir….mikir napa…kalau zaman dulu perang berhadapan..zaman sekarang ngandalkan roket..rudal..dll…kalau ane yakin tuh satelit mata2 cina sdh wira wiri memfoto pangkalan2 d negara kita blm lagi agen2 mereka di sini yg mudah membaur plus duit dana inteligen kaga berseri…bisa mudah aja tuh nyogok pejabat2 kita yg sdh terkenal korup. Paling bagus itu meanggap diri lemah daripada kepedean….apalagi ngayal2 yg ghoib yg ngomong aja kaga pernah liat dan kasih bukti lah orangnya aja pake nik anonym…ganti2 nik dr dulu…payah.

  17. si China udah sok jago sejak president soekarno, cuma salahnya bung karno terlalu baik ke cina, terlalu poitif thinking……sangat tepat jika pak harto menjegal china pada waktu itu, tetapi tetap sopan dan tetap berprinsip satu china……coba tuh china, udah salah berkali-kali ke indonesia…..

  18. banyaknya kapal permukaan bisa diantisipasi jika TNI mempunyai rudal permukaan jarak jauh yang jumlah harus banyak, untuk hadapi serangan rudal, Arhanud harus punya Pantshir S1 yang cukup untuk pertahanan udara….kesimpulannya kita harus memiliki S-300 /400 duet dengan Pantshir, kapal perang tercepatpun geraknya tetap lambat dan tetap makanan empuk rudal yang ditembakkan serempak, kapal selam paling sial karena sekali mereka menembakkan rudal ke udara yang akan diantisipasi Pantshir, koordinat mereka akan langsung ketahuan posisinya oleh helikopter anti kapal selam….kemungkinan kita menang tetap besar jika memiliki arsenal S300/400 dan Pantshir S1 yang cukup, serangan masive roket Grad dan artileri howitzer untuk pertahanan pantai jika musuh mendarat….

  19. China sekarang memang fokus dimiliter..tapi kalo dilihat step awal mereka fokus di industri dan infrastruktur…

    1 unit jembatan saja nilainya M, kalo jalan tol nilainya T, tinggal kalikan saja berapa unit…

    Seandainya industri dan infrastruktur udah settle maka uangnya..bisa buat fokus ke teknologi tinggi dan pasti militer..

    Bisa ngalah ngalahin cina broo…wilayah luas resource banyak..penduduk banyak…

    Pertinyi inyiiiee kapan itu terjadi…wekekekwkwkwwk..

  20. Selama ini china hanya bisa cuman gertakan doank, bukti otentik utk dogfight baik laut ataupun udara blm pernah terjadi, mereka hanya macan kertas aja…. china hanya selalu menggembar gemborkan kekuatan perangnya selama ini, ibaratnya hanya nakut2in doank… buktinya di laut china timur china membuat aturan sendiri setiap peswat yg melintasi area trsebut hrus izin atau kulonuwun dulu ke china.. tp apa buktinya amerika, jepang, korea selatan terbang dikawasan itu, china cuman bisa melihat aja tanpa ada tindakan apa2 pdahl yg melintas angkatan perang loh…. klo emg china merasa udh bisa jd penyeimbang amerika buktikan donk.. jgn koar2 mulu…. gtu koq nantangin perang… bgtu jg d laut china selatan yg berhadapan dengn Asean trmasuk indonesia… china memandang sebelah mata aja terhadap Asean krn mereka berasumsi kekuatan Asean msh dbwah mereka… china ga sadar klo perang terjadi china berhdapan bukn ama Asean aja tp NATO jg akan ikut andil dsini bantu Asean, analisis militer amerika sudah memprediksi bahwa utk menghadapi china yg akan dpake amerika utk joint strike melawan china itu indonesia, vietnam, singapura and thailand… terutama indonesia krn indonesia mempunyai pasukan komando yg berani mati, yg cukup banyak and mematikn diseluruh dunia… pasukan indonesia guru dri semua strategi perang, penyusupan dan sabotase krn pasukan indonesia sangat ahli dlm bidang itu dan pengalamnya sungguh luar biasa diakui dunia…. maka dri itu kemungkinan amerika akan memberikan semua alutsita yg dbutuhkan indonesia utk melawan china…. china jg akan berpikir sejuta kali klo berhadapan dengn indonesia secara men to men krn china tau pasukannya belum punya pengalaman banyak di medan perang sesungguhnya dan pasukan china masih takut mati itu yg akan merubah mental pasukan china yg tdinya berapi2 tp stlah terjun ke medan perang malah ciut… china terlalu arogan and sombong mencermati kasus LCS mereka berpatokan alutsista doank… tp mereka ga melihat kualitas musuh yg akan mereka hadapi sperti apa…. klo hnya mengadalkan alutsista aja china akan bertahan sebentar, karena alutaista bukan jaminan utk bisa memenangkan perang hal itu udah dialami oleh negara2 barat spt amerika, inggris, belanda dan perancis…. dengan gabungan pasukan komando sperti SAS inggris australia, Navy seals, Delta force, Denjaka, Kopasus, Paskhas, Kopaska, den bravo, gultor sebagai pasukan pembuka dan perusak perthanan china, maka mau tdk mau china bakal kelabakan and mundur sbelum perang usai ditambah lgi pasukan marinir terkuat di dunia sperti amerika, indonesia dan inggris bakal babak belur lgi tuh china… dri kesatuan itu aja china bakal hancur lebur di LCS even china akan minta bantuan rusia sekalipun… dan jangan sampe daratan utama china bakal diberangus abis akibat ulhnya sndri yg
    mengakuisisi LCS sepihak…

  21. Masih ada the genk (malay.viet.brunai.thai.)di dpn Indonesia.blm lagi FDAnya mama eli…pasti babak belur tu cina….yg perlu di waspadai itu sonoton krn sepak terjangnya mulai dari kasus timorleste.sadap ampe pelecehan lambang negara….

 Leave a Reply