Presiden Jokowi dan Vladimir Putin, Atur Pertemuan di Mei 2016

Presiden Rusia, Vladimir Putin

Jakarta — Presiden Joko Widodo diundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi / KTT ASEAN-Rusia yang diselenggarakan bulan Mei 2016. Undangan ini disampaikan oleh Menteri Perdagangan dan Industri Rusia saat menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, (8/1/2016).

“Beliau (Menteri Perdagangan dan Industri Rusia) membawa surat dari Presiden Putin untuk Presiden Jokowi, mengundang untuk KTT ASEAN-Russia pada Mei mendatang,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menteri Luar Negeri menuturkan, Presiden Jokowi akan menjawab undangan Putin dengan menghadiri KTT ASEAN-Rusia. Selain itu, kesempatan tersebut akan digunakan juga sebagai kunjungan bilateral.

Terkait surat dari Presiden Putin, Retno mengungkapkan bahwa substansi surat itu adalah mengenai kerja sama ekonomi Rusia-Indonesia. Presiden Jokowi menyampaikan kepada Menteri Pedagangan dan Industri Rusia mengenai kerja sama ekonomi dan pariwisata kedua negara.

“Kita telah memperjuangkan non-tariff barrier untuk CPO dan juga produk perikanan. Kita ingin meningkatkan pariwisata karena wisatawan Rusia memiliki potensi yang sangat tinggi untuk masuk ke Indonesia,” ujar Retno Marsudi.

Kompas.com