Jan 092016
 
Rumah Sakitt Indonesia di Gaza

Rumah Sakitt Indonesia di Gaza

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyerahkan secara simbolis rumah sakit Indonesia, di Gaza kepada pemerintah Palestina, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu malam, 9/1/2016. Pemerintah Palestina diwakili Menteri Kesehatan Palestina Jawad Awwad, dan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Faris Mehdawi.

“Ini adalah untuk kemanusiaan, dan karena kita memiliki hubungan baik dengan Palestina,” ujar Juru Bicara Mer-C Indonesia, Jose Rizal. Rumah sakit ini merupakan sumbangan dari masyarakat Indonesia. Sedikitnya sekitar 300 warga Gaza telah berobat ke rumah sakit Indonesia, termasuk pasien rawat inap dan ICU.

Yose Rizal menceritakan, rumah sakit Indonesia di Gaza sudah beroperasi sejak 27 Desember 2015. Tindakan operasi juga sudah dilakukan kepada tiga pasien yang berasal dari Gaza Utara.

Proses Pembangunan RS Indonesia di Gaza

Proses Pembangunan RS Indonesia di Gaza

“Pembukaan rumah sakit Indonesia disambut antusias warga Gaza dan ini wujud kepedulian masyarakat Indonesia untuk Palestina,” ungkap Jose.

Rumah sakit Indonesia dibangun di negara Palestina pada tahun 2009. Dana pembangunan rumah sakit sepenuhnya berasal dari sumbangan masyarakat Indonesia, tanpa bantuan pemerintah dan bantuan asing.

Lembaga medis kemanusiaan MER-C Indonesia bersama relawan dari jaringan Pondok Pesantren Al-Fatah se-Indonesia, menjadi koordinator pembangunan rumah sakit yang memiliki luas bangunan sekitar 10.000 meter persegi. Rumah sakit ini berdiri di atas lahan seluas 16.261 meter persegi milik pemerintah Palestina.

RS Indonesia di Gaza, Palestina

RS Indonesia di Gaza, Palestina

Rumah sakit Indonesia di Gaza terdiri dari dua lantai dan ruang bawah tanah dengan 90 ruang rawat inap. Ada fasilitas 10 ruang instalasi gawat darurat, satu laboratorium, satu ruang radiologi, dan sepuluh ruang perawatan intensif berkapasitas 100-150 pasien.

Pembangunan fisik rumah sakit Indonesia di Gaza menelan biaya Rp 30 miliar, ditambah Rp 7,5 miliar untuk bangunan pelengkap kompleks rumah sakit dan Rp 65 miliar untuk penyedian alat kesehatan, dan peralatan medis lainnya.

Sumber : Kompas.com

  30 Responses to “Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Resmi Diserahkan ke Palestina”

  1.  

    alhamdulillah

    •  

      Rumah sakit Indonesia dibangun di negara Palestina pada tahun 2009. Dana pembangunan rumah sakit sepenuhnya berasal dari sumbangan masyarakat Indonesia, tanpa bantuan pemerintah dan bantuan asing.

      dibaca dulu boss sebelum komen
      negara malon cuma koar2 tanpa bukti nyata
      mana tamaddun KERAjaan malon sbg negeri islam

    •  

      dasar OTAK MALING,,,,, MALINGsia memang maling, sampek orang Indonesia membuat rumah sakitpun disangka dia yang ikut membuatnya…. haha.. MENTAL MALING.

    •  

      Ra usah di bales wae mas mas, ora penting Malaysia ki. !
      Ga usah di bales aja mas, gak penting Malaysia ki !
      .
      jangan saling hina, biar iri dengki milik bangsa Malaysia, kita beri bukti nyata untuk maju dan berubah.

    •  

      Jadi ingat pidato bung karno dulu untuk malaysia, “apa yang sudah kau berikan untuk negara/bangsa lain, seperti di timur tengah, di afrika dll” klo indonesia sih sering bgt..

    •  

      seperti sipadan dan ligitan, yang bukan haknya… Main claim aja.. tak tahu adab dan tak tahu malu….

      Sepertinya anda type Orang Malaysia yang tidak suka dengan persatuan dikawasan Asean ini….. sikap dan komentar anda tidak mencerminkannya..

    •  

      Muehehe…akhirnya ad yg mengklaim jg..buatan tempatan..awas yg lain di klaim jg..

  2.  

    Rancang bangunnya mirip gedung Pentagon

    Kok tidak menggunakan raancangan model budaya Nusantara ya…

  3.  

    mantapppp

  4.  

    akhirnya selesai jg moga2 deh yg disana bisa ketolong banyak

  5.  

    Alhamdulilah..
    Atas nama kemanusian dan bersyukur atas berdirinya ..hospital dipalestine…

  6.  

    Seharusnya di pasang rudal anti pesawat,untuk mengantisipasi pesawat tempur israel.

  7.  

    Alhamdulillah, smoga Allah melindungi RS ini dan ratyat Palestina dari zionis israel.

    •  

      iya bung.. semoga bermanfaat.. sya sangat yakinn.. israel tidak mungkin berani merusak gedungbini apalagi menghancurkannya.. kenapa. ? rumahsakit itu lambang negara kita.. dibangun oleh kepedulian masyarakat indonesia.. jika di hancurkn israel.. mungkin israel berfikir duakali.. soalnya berhadapan langsung dgn seluruh rakyat indonesia..

  8.  

    Semoga bermanfaat bagi saudara2 disana

  9.  

    akuh terharu :)))

  10.  

    Syukur Alhamdulillah…!!! Bila nanti israel sampai membom RS ini,bukan cuman rakyat palestina doang yg marah melainkan rakyat indonesia juga ikut murka…& tunggu pembalasanya dari bangsa pejuang ini..hahahaha….

  11.  

    Berani nyerang ngga tuh ya si Israhell, ane rasa sih kagak bakal kuat nyali tuh buat nyerang nih Rumah Sakit.

  12.  

    semoga dapat berguna untuk rakya palestian

  13.  

    sekaya kayanya malondog,malondog hanyalah babu abadi british..

  14.  

    bentuknya seperti benteng, mudah2an juga dapat berfungsi demikian agar menjadi benteng rakyat palestina apabila diserang

  15.  

    MALINGsia memang BODOOHH…

  16.  

    secara peringkat dan kekuatan politik dunia mereka diatas kita bung trmasuk intelnya

  17.  

    semoga bantuan yg gak seberapa ini bermanfaat buat saudara kita yang kesusahan.

  18.  

    Alhamdulillah..smoga bermanfaat buat saudara-saudara ku di Palestina..disaat anak-anak dinusantara tertawa riang..anak-anak Palestina mgkn sedang terluka..you are not alone brother..we love you

  19.  

    assalamualaikum wr.wb.
    Semoga berkah,
    dan manfaatnya serta pahala dari allah SWT (Tuhan YME) bisa diterima oleh masyarakat Indonesia seluruhnya.
    Dan yang ikut dalam proses pembangunannya semoga dibantu dan dipermudah urusannya oleh allah SWT (Tuhan YME).
    amiin

  20.  

    Salam sejahtera dan damai tuk palestina……
    Enyahlah kau zionis penjajah!
    Bumi sempit untukmu!

 Leave a Reply