Home » Militer Indonesia » Ditekan India, Srilanka Batalkan Pembelian JF-17 Thunder

Ditekan India, Srilanka Batalkan Pembelian JF-17 Thunder

Pemerintah Srilanka membatalkan pembelian pesawat tempur JF-17 setelah mendapat “ Surat Diplomatik Resmi” dari India, ungkap Indian Express.

India menyatakan kepada Srilanka, bahwa JF-17 dari Pakistan tidak memenuhi persyaratan pertahanan Srilanka, dan India juga memberikan penilaian negatif terkait kemampuan teknis dari JF-17.

Pesan dari India di sampaikan bukanlah melalui lembaran surat tanpa kop dan tanda tangan, tapi langsung dari “level tertinggi”, lapor Indian Express.

Colombo membantah telah membuat kesepakatan (pembelian JF-17) dengan Pakistan, selama kunjungan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif ke Srilanka minggu lalu, meskipun ada laporan yang berbeda.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Srilanka Mahishini Colonne juga mengatakan, bahwa jika Srilanka membutuhkan pesawat tempur maka sesuai dengan kebijakan, Pemerintah Srilanka akan transparan dengan mengundang semua pihak untuk ikut berkompetisi.

India selama ini telah berusaha menjual pesawat tempur buatannya, Tejas Light Combat Aircraft ke Srilanka, meskipun pesawat tempur itu belum aktif memperkuat Angkatan Udara India.

Tamilguardian