China Siap Masuk Fase Produksi Jet Tempur J-20 Siluman

Jet Tempur J-20

Beijing -China sedang mengembangkan jet tempur canggih generasi kelima yang setara dengan jet tempur siluman buatan Amerika Serikat (AS), F-22 Raptor dan F-35.

Jet tempur J-20 siluman buatan China ini telah ditampilkan dalam sejumlah ujicoba dan didokumentasikan dalam situs militer China pada akhir Desember 2015.

Jet tempurJ-20, baru-baru ini tertangkap kamera sedang menjalani uji terbang pada area Chengdu Aircraft Industry Group. Ujicoba prototype ini merupakan proses yang harus ditempuh oleh J-20, sebelum diproduksi secara massal.

Jet Tempur J-20 2

“Kemunculan 2101 (kode untuk pesawat J-20) menggambarkan bahwa Aviation Industry Corp of China sedang mempersiapkan fase produksi,” ungkap Chief of Aerospace Knowled Magazine, Wang Ya’nan.

Bila ujicoba berlangsung mulus, maka J-20 siap memasuki fase produksi skala kecil dan selanjutnya, militer China akan menjadi pengguna jet tempur siluman buatan sendiri terbesar kedua setelah AS.

Jet Tempur J-20 -5

China mulai masuk ke dalam pengembangan jet siluman pada Januari 2011. Mereka telah membuat 10 unit purwarupa J-20. Pengembangan jet tempur generasi ke-5 tampaknya terus digenjot oleh China, karena negara di wilayah udara Asia-Pasifik akan memiliki jet tempur F-22 hingga F-35.

Jet Tempur J-20 3

Wang memproyeksi, J-20 baru bisa dikirimkan kepada militer China mulai 2017. Selain merancang J-20, China juga mengembangkan pesawat angkut militer Y-20 dan prototype pesawat angkut ini sedang memasuki fase ujicoba sebelum diproduksi dan dikirim kepada militer China.

Sharing

Tinggalkan komentar