Seehund, Kapal Selam Midget Paling Ditakuti Sekutu

11

Dibandingkan kapal selam mini eksperimen Molch, Biber dan Hecht yang didesain dan diproduksi dengan tergesa –gesa dan menggunakan komponen daur ulang, Seehund dirancang sebagai kapal selam midget yang sesungguhnya.
Kapal selam midget Seehund, juga dikenal sebaga Type 127, dirancang oleh Dr Fisher dan Grim, keduanya berasal dari Dewan Konstruksi Angkatan Laut Jerman pada tahun 1944.

Seehund dikembangkan dengan menggabungkan kemampuan teknis dari kapal selam U-boats, termasuk cara pengoperasian muncul dan menyelamnya kapal selam. Seehund menggunakan dua propulsi ganda, diesel dan elektrik dan memiliki kecepatan tinggi baik dipermukaan maupun dibawah air.

Memiliki bobot 14,9 ton dan periscope sepanjang 3 m, yang digunakan untuk membantu navigasi kapal selam midget.
Seehund dilengkapi persenjataan dua torpedo G7. Mampu menyelam hingga kedalaman 30 meter, meskipun banyak dilaporkan midget mampu menyelam hingga 70 m tanpa insiden. Kedua kru, komandan dan teknisi berada di kompartemen tengah, sedangkan mesin ditempatkan di belakang.

Setelah sukses menjalani uji coba, Seehund mulai diproduksi pada Juli 1944 dan direncanakan dibuat hingga 1000 buah,tetapi hanya 285 yang berhasil diproduksi, dan 93 lainnya selesai dibangun ketika perang berakhir.
Setidaknya 138 Seehund bertugas di Angkatan Laut Jerman dan direncanakan akan dikembangkan lagi versi yang lebih canggih, termasuk dengan menggunakan mesin Closed Circuit Circulation Engine (Type XXVIIK), tetapi sayang versi ini tidak pernah selesai dibangun karena berakhirnya perang.

wp6de00ad5_06

Midget Seehund sangat sulit untuk dideteksi dan tahan terhadap serangan bom kedalaman, hanya terkadang terjadi kesalahan teknis kebocoran gas karbon monoksida yang masuk ke dalam kabin. Banyak kematian yang menimpa kru karena kelemahan ini.
Midget Seehund mampu melaksanakan misi hingga 5 hari, tetapi juga pernah melaksanakan misi terlama hingga 10 hari.

Seehund termasuk kapal selam midget paling sukses yang dimiliki Angkatan Laut Jerman, antara bulan Januari 1945 sampai April 1945, Seehund melaksanakan 142 sorti penyerangan yang mengakibatkan tenggelamnya 8 kapal (17.301 ton) sekutu dan merusak 3 kapal lainnya (18.384 ton), walau mengakibatkan tenggelamnya 35 Seehund yang sebagian besar karena mengalami kerusakan teknis dan bukan akibat serangan kapal sekutu.

Besarnya korban kapal memaksa sekutu menghindari daerah pesisir, dan menunjukkan pertahanan dengan kapal selam midget mampu menjadi ancaman yang sangat serius.

Midget Seehund banyak beroperasi di jalur pasokan sekutu di pantai Eropa dan selat inggris.

Spesifikasi Seehund :

* Panjang : 11.85 m
* Lebar : 1.7 m
* Diameter : 1.28 m
* Kecepatan : 7.7 knot
* Max range : 300 mil
* Kru : 2

UboatAces.com

Sharing

Tinggalkan komentar