Pesawat F-16 Taiwan Jatuh Saat Berlatih di Luke AFB

F-16 Taiwan di Luke, AFB, Arizona, AS

Arizona, – Satu jet tempur F-16 Taiwan jatuh di wilayah Arizona, Amerika Serikat, saat melakukan manuver latihan tempur rutin, 21/1/2016. Pilot jet tempur Taiwan tersebut dinyatakan tewas dalam insiden.

Sang pilot dari Taiwan ini, berada di Luke Air Force Base (AFB), untuk mengikuti pelatihan. Nama nama sang pilot tidak dirilis ke publik. Dia termasuk sekelompok pilot tempur dari negara-negara sekutu AS, yang ditugaskan mengikuti pelatihan di pangkalan Angkatan Udara AS, Luke AFB.

“Semua indikasi membuat saya yakin bahwa pilot tidak selamat dalam kecelakaan ini,” ujar komandan pangkalan Luke AFB, Brigadir Jenderal Scott Pleus kepada wartawan, Jumat (22/1/2016).

Jet tempur Taiwan sedang melakukan manuver atas bimbingan instruktur pilot yang berada di pesawat lain, ketika kecelakaan terjadi. Puing pesawat ditemukan sekitar empat jam kemudian, namun belum diketahui penyebab jatuhnya F-16 ini.

Pilot Taiwan itu telah ditempatkan di Luke AFB, Arizona selama sekitar enam bulan. Dia memiliki pengalaman menerbangkan pesawat F-16 dan telah melakukan latihan tempur serupa sebelumnya.

Luke AFB, merupakan wing skadron untuk pelatihan para pilot F-35 dan F-16 AS dan para sekutu AS. Singapura juga senantiasa melatih pilot-pilot mereka di Luke AFB, Arizona.

Reuters