Parade Militer Angkatan Laut Iran

Parade Militer Angkatan Laut Iran
Angkatan laut Iran telah menggelar parade militer besar-besaran yang diberi nama “Velayat 94”, di dekat wilayah strategi Selat Hormuz. Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari hadir untuk membuka latihan tersebut secara resmi.

Dalam latihan ini, Angkatan Laut Iran mengerahkan kekuatan marinir, senjata rudal dan torpedo di daerah latihan. Latihan ini akan mencakup sekitar tiga juta kilometer persegi di wilayah perairan bebas, di wilayah dalam Selat Hormuz, serta bagian utara Samudera Hindia.

Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari
Menurut Sayyari, Parade militer besar-besaran ini ditujukan untuk memperlihatkan kemampuan dan kekuatan Angkatan Laut Iran dalam menjaga keamanan wilayahnya. “Latihan ini dilakukan untuk menampilkan kekuatan pertahanan Iran sebagai negara yang telah mengumumkan pesan perdamaian dan persahabatan dengan negara-negara di wilayah ini”, kata Sayyari.

Ia pun mengatakan bahwa bagian utara Samudera Hindia memiliki kepentingan besar bagi Iran karena merupakan area transit barang. “Latihan ini untuk memberitahukan kepada orang-orang dari seluruh dunia bahwa Republik Islam Iran memiliki kemampuan dan otoritas dalam membangun keamanan dan membela perbatasan maritim negara ini di laut, terutama di Selat Hormuz, Laut Oman, dan Samudera Hindia bagian utara,” jelas Sayyari.

Dalam beberapa tahun terakhir, Angkatan Laut Iran telah meningkatkan kehadirannya di perairan internasional untuk melindungi rute maritim dan memberikan keamanan bagi kapal-kapal pedagang dan kapal-kapal tanker.

Sejalan dengan berbagai upaya internasional untuk memerangi pembajakan, Angkatan Laut Iran juga telah melakukan patroli anti-pembajakan di Teluk Aden sejak November 2008. Tujuan patroli tersebut adalah untuk melindungi kapal-kapal yang terlibat dalam perdagangan maritim, terutama kapal dagang dan tanker minyak yang dimiliki atau disewa oleh Iran.

Iran Daily