Foto-Foto Terbaru Pesawat Tempur Siluman F-3 Jepang

Foto-foto terbaru pesawat tempur generasi kelima Jepang, Advanced Technology Demonstrator – X (ATD-X) telah dirilis diinternet oleh Sankei Shimbun. Prototipe pertama dari pesawat tempur siluman masa depan F-3 Jepang telah dipamerkan hari ini, 28 Januari.

Sebuah prototipe pesawat tempur superioritas udara generasi ke-5 Jepang, Mitsubishi ATD-X Shinshin, akan melakukan penerbangan perdananya pada February.

Pesawat yang dikembangkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Teknis Departemen Pertahanan Jepang (Japanese Defense Ministry’s Technical Research and Development Institute -TRDI), akan menjalani taxi dan uji darat di pusat pengujian Mitsubishi Heavy Industries di Prefektur Aichi, sebelum diterbangkan ‘kemungkinan pada bulan Februari’.

Pesawat siluman F-3, diharapkan mulai diproduksi serial pada tahun 2027, meskipun terjadi penundaan pada prototipe ATD-X, awalnya dijadwalkan akan dikembangkan sepenuhnya pada tahun 2018. Proyek senilai $ 340 juta ini dimulai pada tahun 2009.

Pesawat siluman pertama buatan dalam negeri Jepang ini memiliki panjang 14,2 meter, lebar 9,1 meter dan tinggi 4,5 meter – dijadwalkan akan diterbangkan dari bandara Nagoya.

Pesawat siluman ATD-X akan menguji teknologi baru, termasuk radar AESA generasi kedua, sistem kontrol penerbangan canggih “fly-by-fiber-optic” yang dapat mendeteksi kegagalan kontrol dan kerusakan akibat pertempuran, peralatan ESM dan ECM canggih, dan mesin turbofan dengan daya dorong vectoring buatan Jepang.

Airrecognition

Leave a Comment