Jan 292016
 
Airbus A380  (AP Photo/Francois Mori, File)

Airbus A380 (AP Photo/Francois Mori, File)

Iran menandatangani kesepakatan pembelian 118 pesawat Airbus senilai 25 miliar dolar AS. Perjanjian ini ditandatangani dalam kunjungan Presiden Iran Hassan Rouhani ke Perancis, yang merupakan perjanjian terbesar yang diteken Iran sejak pencabutan sanksi ekonomi oleh negara-negara Barat.

Dari 118 pesawat Airbus yang dibeli, 78 di antaranya pesawat jenis wide body, 45 jet berbadan sempit, termasuk 12 pesawat super jumbo jenis A380.

image

Keputusan Iran membeli A380 merupakan dorongan yang signifikan bagi Airbus.

Kesepakatan pembelian pesawat Airbus ini akan bergantung pada kemenangan lisensi ekspor Amerika Serikat, karena lebih dari 10 persen suku cadang untuk pesawat ini dibuat di Amerka Serikat.

Perjanjian penjualan pesaat ini juga mencakup pelatihan pilot, operasi bandara serta dukungan manajemen lalu lintas udara.

RMOL.co

Bagikan Artikel :

  12 Responses to “Iran Beli 118 Pesawat Airbus”

  1. Pertalite

  2. Aneh sama iran, anti barat dan yahudi tapi omong doank,

    • Republik Islam Iran tidak Anti Barat (UE) dan tidak Anti Yahudi. Republik Islam Iran hanya Anti-Zionis Israel dan Anti-Amerika sebagai negara agresor pendukung utama kekejaman Zionis Israel kepada rakyat Palestina.

    • Kalo menurut ane justru Iran realistis bung dengan kesepakatan nuklir Iran – P5+1 mengingat:
      1. Aset Iran yg dibekukan di luar negeri sejak Revolusi 1979 mencapai ratusan milyar dollar. Dengan perjanjian nuklir paling tidak sebagian bisa cair.
      2. Masuknya investasi luar
      3. Harga minyak dunia yang jatuh dimana ekspor Iran 70% berasal dari minyak.
      4. Kebutuhan dana untuk membiayai peperangan di Iraq, Suriah, & yaman.
      5. Silahkan tambahkan sendiri2 xixixixi…..
      Toh yg kerjasama dengan blok barat adalah masalah sipil, sedangkan untuk militer pastinya Iran tetap melirik blok timur sambil terus berusaha untuk mandiri.

  3. Yang sabaar yaa boosssss..

  4. 25 Milyar US Dollar ( Rp. 344.375.000.000.000 ) Untuk 118 Unit Pesawat Airbus Dari Berbagai Jenis

  5. seletah dapat lisensi plus bebas kloning kloning deh
    lalu berjaya dengan beberapa parian pesawat tempurnya.. apa sih yg engga?
    dan setelah itu terserah dengan membangun dirgantara megah dengan pencapaian beberapa parian sipil jumba dan bomber jumbo oiya apakabarnya jet siluman itu?
    pada akhirnya mempersiapkan peperangan besar dengan berbagai kemampuan

  6. Itu lah kalo ada duit ngganggur bisa beli apa aja, tapi memang tergantung yang mengambil keputusan.

  7. apakah ini hasil diplomasi nuklir iran?
    ckckckck….!

  8. Kayaknya Eropa bergegas untk segera bikin deal2 dngn Iran nih! Lumayan.. Bisa sdikit brnapas lega karna sedang dilanda resesi! Dan Iran sndri selain punya duit jg butuh pesawat2 terbang baru buat nggantiin armadanya yg udah tuir krna embargo! Simbiosis mutualisme! Beda ma usa.. Mau tapi masih malu-malu! Hehehe 😛

  9. Boeing cuma bisa gigit jari 😀

 Leave a Reply