Jepang Bersiap Bangun Pesawat Tempur Siluman

Desain ATD-X Shinshin F-3
Jepang Bersiap Bangun Pesawat Tempur Siluman 1

Tokyo – Pemerintah Jepang mempersiapkan pembuatan pesawat Stealth F-3 yangakan diluncurkan tahun 2030. Namun kepastian pembangunan ini tergantung anggaran yang disediakan dan sejumlah pertimbangan.

“Rencananya Jepang akan membuat pesawat Stealth yang diterbangkan tahun 2030. Namun ini tergantung berbagai pertimbangan, karena anggarannya sangat besar dan perlu tidaknya pembuatan tersebut,” ujar Kosuke Takahashi, Pemred Huffinton Japan dalam acara TV Tokyo MX, (29/1/2016).

Desain ATD-X Shinshin F-3
Jepang Bersiap Bangun Pesawat Tempur Siluman 2

Pesawat Stealth Jepang itu nantinya adalah F-3 yang diperkirakan menelan anggaran sekitar 320 miliar yen. “Sekitar 220 perusahaan telah dikumpulkan untuk proyek ini dan 90% adalah perusahaan Jepang,” katanya.

Dalam pembuatan pesawat Stealth ini, Amerika Serikat sama sekali tak mau memberikan bantuan atau kerjasama.

X-2, cikal bakal Desain ATD-X Shinshin F-3
Jepang Bersiap Bangun Pesawat Tempur Siluman 3

“Padahal Jepang-Amerika kan ada perjanjian kerjasama militer. Saat diminta gambaran mengenai Stealth saja, pihak Amerika sudah menolaknya. Jadi biar bagaimana pun Jepang akan membuat sendiri pesawat Stealth ini,” ujar Kosuke Takahashi.

Rencana pembangunan pesawat tempur siluman F-3 ini semakin kuat, setelah para ahli Jepang berhasil membuat prototype pesawat siluman X-2 yang dimotori oleh mitsubishi heavy industries. Pesawat X-2 ini akan diperbesar dan menjadi cikal bakal dari pesawat siluman F-3 Jepang.

Tribunnews.com

Leave a Comment