Korea Utara Sukses Orbitkan Satelit

Pyongyang – Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) pada hari Minggu berhasil meluncurkan satelit Kwangmyongsong-4, ujar Central Television Korea (KCTV).

Satelit observasi bumi ini meluncur pada 09:00 waktu setempat (0030 GMT) dari Sohae Space Center di Cholsan County, Phyongan Utara, dan kemudian memasuki sasaran orbit, kata KCTV.

Pemimpin puncak DPRK Kim Jong Un menandatangani perintah untuk meluncurkan satelit pada hari Sabtu dan KCTV memunculkan foto tanda tangannya.

Satelit ini akan berputar di polar orbit di ketinggian 500 km pada sudut kemiringan 97,4 derajat, dengan siklus 94 menit dan 24 detik, kata pernyataan yang dikeluarkan oleh National Aerospace Development Administration (NADA), DPRK.

Menurut TV Korea Utara, peluncuran satelit ini penting dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi dan kemampuan pertahanan yang “sah dalam melaksanakan hak untuk menggunakan ruang untuk tujuan independen dan damai”.

Peluncuran dilakukan hanya sembilan hari menjelang “Hari Shining Star,” ulang tahun mendiang pemimpin Korea Utara Kim Jong Il, dan dipandang sebagai bagian dari acara untuk merayakan ulang tahun tersebut.

news.xinhuanet.com