Pembom Su-34 dengan Rudal Anti Kapal Terbaru Kh-35UE

ilustrasi

Kementerian Pertahanan Rusia telah merilis sebuah video, pesawat pembom tempur Su-34 ‘Fullback’ membawa rudal anti kapal terbaru Kh-35U (NATO menamakannya : AS-20 ‘Kayak’) pada operasi pemboman di Suriah.

Video yang dirilis pada tanggal 11 Februari oleh Pihak Rusia, menampilkan pembom melakukan misi dengan setidaknya satu rudal terpasang dibawah sayap.

Pengembangan rudal anti kapal subsonik Kh-35 dimulai di era Uni Soviet pada tahun 1983, menyusul kesuksesan rudal anti kapal AIM-39 Exocet yang diluncurkan dari pesawat tempur Argentina yang berhasil menenggelamkan beberapa kapal perang Inggris saat berlangsungnya perang Malvinas.

Rudal varian terbaru, Kh-35U berbobot 550 kg mampu diluncurkan dari kapal perang, helikopter, pesawat tempur dan peluncur pantai. Memiliki bentuk dan ukuran yang sama dari versi sebelumnya, Kh-35U dilengkapi mesin turbofan Saturnus Izdeliye 64M yang lebih kecil dan ringan yang membuatnya memiliki jangkauan lebih jauh hingga 260 km.

Rudal Kh-35U pertama kali diuji coba menggunakan pembom Su-34 pada November 2010. Tes awal rudal berhasil diselesaikan pada bulan November 2012, dan resmi diterima Angkatan Bersenjata Rusia pada tahun 2013, dan sekarang diproduksi di fasilitas Tactical Missiles Corporation di Korolev dekat Moskow.

Janes