AS Setuju Jual F-16 ke Pakistan, India Keberatan

pakistani_1455346589

Pemerintah India telah memanggil duta besar AS terkait kesepakatan penjualan pesawat tempur F-16 AS untuk Pakistan senilai hampir US$ 700 juta.

“Kami kecewa dengan keputusan pemerintahan Obama untuk menjual pesawat F-16 ke Pakistan. Kami tidak setuju dengan alasan mereka bahwa penjualan senjata tersebut untuk membantu memerangi terorisme,” kata kementerian urusan Luar Negeri India. Duta Besar AS untuk India, Richard Verma telah dipanggil terkait masalah ini, lapor kantor berita ANI, Sabtu 13/02/2016.

Meskipun mendapat tentangan dari anggota parlemen baik dari partai Republik dan Demokrat, Departemen Luar Negeri AS memberitahu Kongres bahwa mereka telah menyetujui kemungkinan program Foreign Military Sale untuk penjualan pesawat F-16 Block 52 termasuk peralatan, pelatihan, dan dukungan logistik.

Defence Security Cooperation Agency (DSCA) AS menyatakan rencana penjualan ini berkontribusi terhadap tujuan kebijakan luar negeri AS dan tujuan keamanan nasional dengan membantu meningkatkan keamanan mitra strategisnya di Asia Selatan, juga menyatakan penjualan ini tidak akan mengubah keseimbangan militer di kawasan itu.

Rencana penjualan ini menurut Pentagon akan meningkatkan kemampuan Pakistan untuk menghadapi ancaman keamanan saat ini dan di masa depan.

“Ini akan meningkatkan jumlah pesawat tempur Angkatan Udara Pakistan untuk mempertahankan (kemampuan) operasinya, memenuhi persyaratan pelatihan bulanan, dan mendukung pelatihan transisi untuk pilot ke (F-16) Blok-52 baru. Pakistan tidak akan memiliki kesulitan menyerap pesawat tambahan ke Angkatan Udaranya, “kata Pejabat Pentagon.

DefenceWorld

Sharing

Tinggalkan komentar