Belgia Segera Ganti 56 Pesawat F-16 A/B

F-16
F-16

Belgia sedang mangajukan proposal mencari pengganti 59 unit pesawat F-16 A/B, untuk digantikan dengan pesawat yang baru pada tahun 2025. Proposal tersebut rencana diluncurkan pada musim panas ini.

Dua tahun lalu, Brussels mengeluarkan permintaan studi pengganti pesawat tempur, dan menteri pertahanan Steven Vandeput mengumumkan pada akhir Desember bahwa rencana strategis itu disetujui, Sebanyak 34 pesawat baru akan diakuisisi.

Proyek ini akan bernilai $ 4 milyar, tetapi tidak jelas apakah jumlah itu, termasuk biaya pemeliharaan dan dukungan. Pengiriman pesawat baru dijadwalkan mulai tahun 2023, dan kontrak diberikan pada tahun 2018 untuk memungkinkan produksi dan pengujian.

Tender pesawat ini menjadi kompetisi penawaran lima jenis pesawat : Boeing F/A-18 E/F Super Hornet, Dassault Rafale, Eurofighter Typhoon, Lockheed F-35 dan Saab Gripen.

Hingga kini Belgia belum menyatakan keinginan untuk memperoleh salah satu dari pesawat itu, dan tahap tender program akan dilakukan seimbang dan adil.

Rafale mendapatkan dorongan ekspor dalam 12 bulan terakhir, menyusul keberhasilan penjualan dengan Mesir dan Qatar, sementara Gripen memiliki dukungan lini produksi hingga tahun 2030 dan dapat menampung pesanan baru. Sementara AS tetap memiliki peluang, karena Belgia telah familiar dengan pesawat tempur buatan AS dan piranti pendukungnya.

Flightglobal.com

Sharing

Tinggalkan komentar