TNI AL Siap Kibarkan Merah Putih di Puncak Amerika Selatan

TNI AL Siap Kibarkan Merah Putih di Puncak Amerika Selatan
Hari ini, Kamis (18 Februari), Dankormar Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana melepas Tim Ekspedisi Indonesia Raya. Tim yang terdiri dari lima prajurit Marinir ini akan melaksanakan pendakian Gunung Aconcagua, Argentina. Kelima Marinir tersebut adalah Letkol Mar Riverlson Saragih, Kopda Mar Sigit Purwoko, Kopda Mar Imam Rozokin, Praka Mar Erlando, dan Praka Mar Didik Rudiyanto.

Bersama pendaki gunung tunadaksa Sabar Gorky dan pecinta alam Asep Sumantri, Syatiri Achmad Aswani, serta Widya Victoria, para prajurit Marinir itu akan melaksanakan pendakian gunung setinggi 6.962 mdpl tersebut selama 20 hari.

Pendakian ini adalah kali kedua anggota Korps Marinir TNI AL dalam pendakian bersama Sabar Gorky. Sebelumnya, prajurit Marinir juga terlibat dalam pendakian puncak Cartensz Papua dengan pendaki tunadaksa tersebut.

Menurut Dankormar, keikutsertaan anggota Korps Marinir TNI AL dalam pendakian ini memperlihatkan kesatuan dan semangat antarta TNI dengan masyarakat. Ia juga berhadap para prajurit Marinir yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Indonesia Raya ini berhasil membawa harum nama bangsa Indonesia dengan mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak tertinggi di Amerika Selatan.

Lebih lanjut, Dankormar menjelaskan bahwa prajurit Marinir pendaki Aconcagua adalah yang terbaik baik dari sisi fisik dan mental mereka. Sejak bulan November 2015, mereka sudah berlatih serta melaksanakan pemusatan latihan di Jakarta selama dua minggu.

Dalam acara pelepasan tim, Dankormar menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Letkol Saragih selaku Komandan Tim Pendakian. Sesuai rencana, Bendera Merah putih akan dikibarkan di puncak Aconcagua.

tnial.mil.id

Sharing

Tinggalkan komentar