Home » Militer Indonesia » Latihan IBSAMAR – V

Latihan IBSAMAR – V

Edisi kelima ‘Latihan IBSAMAR’ antara Brasil, India dan Afrika Selatan dimulai pada hari Jumat (19 Februari) di lepas pantai barat negara India, dengan fase pelabuhan dilakukan di Goa.

Ini adalah pertama kalinya ‘Latihan IBSAMAR’ dilakukan di perairan India. Sebelumnya, setiap latihan tersebut dilakukan di lepas pantai Afrika Selatan.

Tujuan utama dari latihan yang akan berlangsung hingga 29 Februari ini adalah untuk meningkatkan interoperabilitas antara tiga angkatan laut serta mengembangkan pemahaman dan prosedur umum untuk operasi keamanan maritim.

Dimulai pada tahun 2006, ‘Latihan IBSAMAR’ merupakan manifestasi yang paling terlihat dari konvergensi nilai-nilai demokrasi, kepentingan ekonomi dan kerjasama maritim.

Ruang lingkup latihan laut tahun ini akan meliputi peperangan anti-kapal selam, pertahanan udara, visit board search and seizure (VBSS), operasi terbang, pencarian dan penyelamatan, serta prosedur taktis.

Selama ‘Latihan IBSAMAR-V’, Angkatan Laut India akan diwakili oleh INS Mumbai (kapal perusak berpeluru kendali yang merupakan hasil rancangan dan buatan dalam negeri), kapal siluman INS Trishul, dan kapal selam kelas Shishumar INS Shalki.

Selain itu, berbagai aksi serangan cepat, pesawat tempur Sea Harriers dan Mig 29K, pesawat patroli maritim Dornier dan integral rotary wing helicopters juga dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam latihan trilateral ini.

Angkatan Laut Brasil akan diwakili oleh Brasil Naval Ship Amazonas, dengan diikuti Pasukan Khusus dibawah pimpinan Komandan Alessander Felipe Imamura Carneiro.

Afrika Angkatan Laut Selatan akan diwakili oleh Afrika Selatan Naval Ship SAS Spioenkop dengan helikopter integral dan Pasukan Khusus, yang dipimpin oleh Kapten MA Boucher.

rediff