60 Warga Kanada Pulang usai Bertempur Bersama Militan

Peperangan Getilyawan di Suriah

Ottawa – Intelijen Kanada menyebutkan 60 warganya telah kembali pulang usai bertempur bersama militan di luar negeri. Sekitar 180 lainnya masih bertempur bersama kelompok teror di luar negeri.

“Jumlah total warga Kanada di luar negeri yang terlibat aktivitas yang mengancam, dan saya tidak berbicara soal Irak dan Suriah, sekitar 180 orang,” ujar Direktur Badan Intelijen Keamanan Kanada (CSIS), Michel Coulombe, Kamis (25/2/2016).

“Di Irak dan Suriah, mungkin ada sekitar 100 orang,” ujarnya.

Jumlah ini menunjukkan peningkatan signifikan warga Kanada yang dilaporkan terlibat aktivitas teroris di luar negeri. Laporan keamanan nasional tahun 2014 menyebutkan sekitar 130 warga Kanada di luar negeri terlacak oleh CSIS, terlibat aktivitas teroris.

Mereka yang terlibat bertempur bersama militan, mengikuti pelatihan militan, memberikan pendanaan untuk mendukung serangan, mempromosikan pandangan ekstremis dan merencanakan serangan teror.

Kepala kepolisian federal Kanada, Bom Paulson, menyatakan pihak kepolisian terus mengawasi orang-orang yang baru kembali ke Kanada, usai terlibat aktivitas teroris di luar negeri. Beberapa orang di antaranya, bahkan diawasi secara ketat.

Detik.com

Sharing

Tinggalkan komentar